PENGARUH TERPAAN IKLAN TELEVISI PICTORIAL WARNING ROKOK PADA KEMASAN ROKOK TERHADAP SIKAP UNTUK BERHENTI MEROKOK PADA PEROKOK DEWASA DI KOTA YOGYAKARTA

Wibowo, Hendri Setyo (2015) PENGARUH TERPAAN IKLAN TELEVISI PICTORIAL WARNING ROKOK PADA KEMASAN ROKOK TERHADAP SIKAP UNTUK BERHENTI MEROKOK PADA PEROKOK DEWASA DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
KOM004172.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Bab I)
KOM104172.pdf

Download (593kB)
[img] Text (Bab II)
KOM204172.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text (Bab III)
KOM304172.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text (Bab IV)
KOM404172.pdf

Download (715kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada perokok dewasa di Yogyakarta, karena selain terpaan iklan pictorial warning di media televisi, jumlah iklan outdoor di Yogyakarta banyak dijumpai pada sudut-sudut kota. Iklan outdoor memiliki kelebihan, karena iklan outdoor dilihat oleh sebagian besar audiens yang bergerak, misalnya saat seseorang pengendara atau pejalan kaki yang dewasa, dimana seseorang yang sudah dewasa (umur 25-45) memiliki karakteristik kemandirian ekonomi dan kemandirian dalam membuat keputusan lebih mampu berpikir dan mengambil sikap dalam menentukan pilihan dibandingkan dengan anak-anak remaja dan menjadikan sesuatu sebuah pilihan berhenti merokok atau tidak karena pertimbangan kesehatan, di mana orang dewasa lebih paham akan masalah dan fungsi kesehatan dibandingkan dengan anak remaja. Tujuan dalam penelitian ini adalah : untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan televisi pictorial warning rokok terhadap sikap untuk berhenti merokok pada perokok dewasa di Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebagian perokok dewasa menurut WHO (umur 25-45) di Kota Yogyakarta yaitu di Kawasan Maliboro. Melihat jumlah populasi yang besar, maka jumlah sampel dalam penelitian ini diambil 100 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan metode cluster sampling. Analisis Regresi Linier Sederhana dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh terpaan iklan pictorial warning rokok terhadap sikap perokok dewasa berhenti merokok. Hasil analisis Regresi Linier menunjukkan bahwa variabel terpaan iklan televisi pictorial warning pada rokok mempunyai pengaruh positif terhadap sikap untuk berhenti merokok pada perokok dewasa di Kota Yogyakarta dengan nilai probabilitas t-hitung 0,000 < Level of Significant = 0,05. Hasil analisis regresi diperoleh R2 sebesar 0,121, artinya variabel dependen Y dalam model yaitu sikap untuk berhenti merokok pada perokok dewasa di Kota Yogyakarta dijelaskan oleh variabel independen yaitu terpaan iklan televisi pictorial warning pada rokok (X) sebesar 12,1%, sedangkan sisanya sebesar 87,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar model, misalnya kampanye rokok, dampak buruk merokok, kesadaran, dll. Diketahui bahwa kebanyakan responden 44,0% menilai “Tinggi” variabel Terpaan iklan televisi pictorial warning pada rokok perokok dewasa menurut WHO (umur 25-45) di Kota Yogyakarta. Diketahui bahwa kebanyakan responden 55,0% menilai “Tinggi dan Sangat Tinggi” variabel sikap untuk berhenti merokok pada perokok dewasa di Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Iklan, Sikap untuk Berhenti Merokok
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Aug 2015 11:06
Last Modified: 21 Aug 2015 11:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7824

Actions (login required)

View Item View Item