STRATEGI PEMASARAN SOSIAL GAMELAN (Studi Deskriptif Mengenai Proses Perencanaan dan Implementasi Strategi Pemasaran Sosial Gamelan dalam Event Yogyakarta Gamelan Festival oleh Komunitas Gayam 16)

ASTUTI, KRISTINA TRI (2015) STRATEGI PEMASARAN SOSIAL GAMELAN (Studi Deskriptif Mengenai Proses Perencanaan dan Implementasi Strategi Pemasaran Sosial Gamelan dalam Event Yogyakarta Gamelan Festival oleh Komunitas Gayam 16). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
KOM004009.pdf

Download (672Kb)
[img] Text (Bab I)
KOM104009.pdf

Download (326Kb)
[img] Text (Bab II)
KOM204009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598Kb)
[img] Text (Bab III)
KOM304009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760Kb)
[img] Text (Bab IV)
KOM404009.pdf

Download (129Kb)
[img] Text (Bab V)
KOM504009.pdf

Download (383Kb)

Abstract

Strategi pemasaran sosial adalah perencanaan atas usaha komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh organisasi nirlaba. Usaha pemasaran yang dilakukan oleh pihak nirlaba disebut pemasaran sosial. Adapun objek dalam penelitian ini adalah event Yogyakarta Gamelan Festival yang diselenggarakan oleh Komunitas Gayam 16, oleh karena itu peneliti mendapatkan informasi mengenai event Yogyakarta Gamelan Festival melalui Komunitas Gayam 16. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi deskriptif. Penelitian ini akan mendeskripsikan hasil temuan dan menganalisis hasil temuan tersebut. Dalam hal ini adalah mendeskripsikan bagaimana proses perencanaan dan implementasi strategi pemasaran sosial event Yogyakarta Gamelan Festival. Penelitian ini menggunakan triangulasi data kepada dua narasumber untuk melakukan proses validasi data. Selain menggunakan informasi dari narasumber, penelitian ini juga menggunakan dokumentasi untuk membuktikan validitas data. Pada akhirnya, diketahui bahwa Komunitas Gayam 16 dalam proses perencanaan pemasaran sosial event Yogyakarta Gamelen Festival, melakukan tahapan pengembangan komunikasi yang efektif menurut Kotler. Hal ini diimplementasikan dalam grand design yang dimiliki oleh Komunitas Gayam 16 untuk event Yogyakarta Gamelan Festival. Selain itu, melalui penelitian ini, dapat diketahui bahwa Komunitas Gayam 16 melakukan usaha pemasaran sosial mengenai gamelan untuk melestarikan gamelan, salah satunya melalui event Yogyakarta Gamelan Festival. Oleh karena itu, yang menjadi hasil temuan dalam penelitian kali ini bahwa event Yogyakarta Gamelan Festival sebagai sebuah pergerakan budaya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Sosial, Event, Pergerakan Budaya
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Aug 2015 12:37
Last Modified: 21 Aug 2015 12:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7828

Actions (login required)

View Item View Item