PERKEMBANGAN ESTETIKA FOTO DALAM IKLAN (Studi Dokumen Foto dalam Iklan Kosmetik Revlon di Majalah Femina Tahun 2000 - 2014)

Lucyanduri, Fidelia (2015) PERKEMBANGAN ESTETIKA FOTO DALAM IKLAN (Studi Dokumen Foto dalam Iklan Kosmetik Revlon di Majalah Femina Tahun 2000 - 2014). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
KOM004175.pdf

Download (3247Kb)
[img] Text (Bab I)
KOM104175.pdf

Download (207Kb)
[img] Text (Bab II)
KOM204175.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290Kb)
[img] Text (Bab III)
KOM304175.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2326Kb)
[img] Text (Bab IV)
KOM404175.pdf

Download (627Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan estetika foto dalam iklan dimajalah Femina yang digunakan oleh Kosmetik Revlon pada tahun 2000 hingga 2014. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana perkembangan estetika foto dalam iklan Kosmetik Revlon pada tahun 2000 hingga 2014 dalam media cetak dimajalah Femina. Teori yang digunakan adalah Social Judgement Theorydan teori Estetika komponen didalamnya meliputi The law of unity (kesatuan)¸ the law of variety (variasi), the law of balance (keseimbangan). Jenis penelitian yang akan digunakan peneliti adalah kualitatif dengan metode studi dokumen. Dokumen yang dijadikan sumber data pada penelitian diambil dari dokumen berupa majalah Femina lalu dianalisis bagaimana perkembangan estetika pada iklan Revlon. Perkembangan estetika foto menghasilkan perbedaan yang sangat signifikan. Pewarnaan, pengambilan foto, efek visual, penegasan pada font yang digunakan disesuaikan dengan varian produk dan konsepiklan yang ditampilkan oleh Revlon. Revlon selalu mengutamakan konsep sexy, glamour dan berani sesuai dengan visi yang dimiliki oleh Revlon. Pengaplikasian konsep pada setiap unsur atau komponen iklan Revlon pada majalah Femina tersusun sesuai dengan setiap pedoman estetika yang terdiri dari kesatuan, variasi dan keseimbangan.Sesuai dengan perkembangan zaman, iklan Revlon pun mengalami perubahan yang cukup signifikan. Warna yang diambil untuk iklan pun semakin menarik pembaca majalah Femina. Untuk dapat membentuk estetika, sebuah iklan harus dapat mengaplikasikan konsep produk, periklanan dan segmentasi pasar ke dalam unsur atau komponen setiap iklan. Misalkan saja dalam iklan Revlon ini, iklan ini dapat mengaplikasikan konsep brand sexy dan glamour sesuai dengan visi yang dimiliki Revlon. Sehingga ketika iklan itu diterbitkan calon pembaca ataupun konsumen dapat menilai dan memiliki presepsi sendiri terhadap iklan Revlon entah itu menerima pesan, menolak pesan ataupun netral tidak memilih dan menolak pesan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Estetika, Revlon, Femina, Iklan cetak, Foto
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Aug 2015 08:08
Last Modified: 24 Aug 2015 08:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7830

Actions (login required)

View Item View Item