Liliani, . RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE PRODUK DESA (E-PASAR DESA). [Research]
Text (Penelitian Kantor Sistem Informasi)
TF89501.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Fokus dari Rencana Pengembangan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015- 2019 pemerintah Indonesia antara lain (a) mengejar peningkatan daya saing, (b) meningkatkan kualitas manusia, (c) termasuk melalui pembangunan mental, (d) memanfaatkan dan mengembalikan potensi yang hilang di sektor maritim dan kelautan, (e) meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan basis yang kuat dan berkualitas, (f) mengurangi ketimpangan antarwilayah, (g) memulihkan kerusakan lingkungan, dan (g) memajukan kehidupan bermasyarakat. Pada fokus keenam yaitu mengurangi ketimpangan antarwilayah, Negara menitikberatkan pada pembangunan perdesaan dan kawasan perdesaan. Pemerintaan Joko Widodo memberikan kewenangan yang cukup banyak untuk Desa dalam pembangunan. Dalam pemeritahan sekarang ini, desa bukan merupakan objek pembangunan tetapi merupakan subjek pembangunan. Desa diharapkan secara mandiri membangun desanya. Oleh karena itu desa memerlukan sistem informasi desa yang dapat membantu kelancaran pembangunan dan saat ini telah ada sistem informasi desa yang dapat membantu kelancaran pembangunan desa yaitu SIDeKa. SIDeKa ini berisi tentang data desa, dan data yang berhubungan dengan pembangunan desa. SIDeKa sudah disesuaikan dengan karakteristik desa sehingga dapat membantu desa dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya. SIDeKa saat ini sedang diimplementasikan di 1000 desa, di 8 kabupaten sebagai pilot projek. Setelah kebutuhan desa akan sistem informasi desa terpenuhi dengan adanya SIDeKa, pembangunan juga diperlukan untuk mengurangi kesenjangan pendapatan. Desa mempunyai produk-produk yang dihasilkan masyarakatnya. Tetapi masyarakat biasanya dihadapkan dengan keterbatasan biaya juga jarak tempuh untuk mempromosikan produknya ke luar desa. Produk-produk desa terkadang hanya di jual di dalam desa saja dikarenakan kurangnya alat untuk mempromosikannya keluar desa. Untuk memotong rantai distribusi produk desa dan penghematan biaya dalam mempromosikan produk desa, maka diperlukan Sistem Informasi Penjualan Produk Desa (e- Pasar Desa). e-Pasar Desa dapat membantu masyarakat desa untuk memperkenalkan dan menjual produk-produk yang mereka hasilkan. Masyarakat antar desa dapat saling memperkenalkan dan menjual produk-produk yang mereka hasilkan tanpa perlu bertemu langsung sehingga dapat menghemat biaya dan waktu. Selain itu, info produk dapat di sebar luaskan seluas-luasnya tanpa ada hambatan soal jarak. 4 Penelitian ini akan merancang dan membangun e-Pasar Desa yang selaras dengan rencana pemerataan pembangunan pemerintah. Outcome dari penelitian ini adalah perangkat lunak yang dapat digunakan masyarakat desa untuk membantu memperkenalkan dan menjual produk-produk yang dihasilkan secara online.
Item Type: | Research |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi Penjualan Online Produk Desa, e-Pasar Desa |
Subjects: | Teknik Informatika > Mobile Computing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 24 Aug 2015 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2015 08:34 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/7831 |
Actions (login required)
View Item |