Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kosmetik Perawatan Kulit Dengan Metode Simple Additive Weighting Berbasis Web

Asastani, Helga Laksita (2012) Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kosmetik Perawatan Kulit Dengan Metode Simple Additive Weighting Berbasis Web. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TF05612.pdf

Download (674Kb)
[img] Text (Bab I)
1TF05612.pdf

Download (53Kb)
[img] Text (Bab II)
2TF05612.pdf

Download (59Kb)
[img] Text (Bab III)
3TF05612.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TF05612.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561Kb)
[img] Text (Bab V)
5TF05612.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1605Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TF05612.pdf

Download (1368Kb)

Abstract

Berdasarkan survei terbaru rata – rata orang dewasa menggunakan sembilan produk kosmetik setiap hari, dengan total 126 bahan yang terkandung di dalamnya (Dickey, 2006). Hanya saja, penggunaan kosmetik tidak diimbangi dengan pengetahuan yang memadai akan resiko kosmetik yang dipakai. Untuk itu dibutuhkan suatu informasi yang dapat memberikan bantuan dalam memilih produk kosmetik yang sesuai dengan kebutuhan. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kosmetik Perawatan Kulit merupakan sistem pendukung keputusan yang disertakan dalam Beau Shop online shopping sebagai sarana untuk memberikan rekomendasi dalam memilih produk kosmetik. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kosmetik Perawatan Kulit akan membantu memberikan alternatif produk yang terbaik sesuai dengan kriteria. Proses pemilihan kosmetik perawatan kulit untuk wajah merupakan permasalahan yang melibatkan banyak komponen atau kriteria (multikriteria), sehingga dalam penyelesaiannya diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan dengan multikriteria. Permasalahan yang demikian dikenal dengan permasalahan Multiple Atrribute Decision Making (MADM). Salah satu metode sistem pendukung keputusan yang dapat menyelesaikan model masalah MADM adalah metode Simple Additive Weighting (SAW) yang juga dikenal istilah metode penjumlahan terbobot. Aplikasi yang dibangun menggunakan bahasa pemograman C# dengan lingkungan pemrogramannya Microsoft Visual Studio 2005 dan SQL Server ini, tidak hanya menyediakan alternatif produk tetapi juga proses jual-beli produk kosmetik perawatan kulit. Sehingga diharapkan dengan adanya sistem pendukung keputusan pemilihan kosmetik perawatan kulit pada sebuah online shopping dapat memudahkan konsumen dalam membeli produk kosmetik yang sesuai dengan kebutuhan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sistem pendukung keputusan, perawatan kulit, multiple attribute decision making, simple additive weighting, online shopping.
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Apr 2013 13:25
Last Modified: 02 May 2013 13:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/789

Actions (login required)

View Item View Item