HUBUNGAN ANTARA CITRA PERUSAHAAN DENGAN LOYALITAS PELANGGAN SUPER INDO SETURAN KOTA YOGYAKARTA

David, Chrystian (2011) HUBUNGAN ANTARA CITRA PERUSAHAAN DENGAN LOYALITAS PELANGGAN SUPER INDO SETURAN KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM03127.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM03127.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM03127.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM03127.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM03127.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Situasi persaingan yang semakin ketat antara perusahaan menyebabkan perusahaan sulit untuk meningkatkan jumlah pelanggannya. Penelitian menunjukkan bahwa biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan pelanggan baru enam kali lebih besar dari biaya untuk mempertahankan pelanggan menjadi loyal. Sikap positif terbentuk melalui pengalaman yang diperoleh selama menerima pelayanan, sehingga untuk membentuk pelanggan yang loyal maka perusahaan harus berusaha sebaik-baiknya memberikan pelayanan yang berkualitas yang akan menciptakan citra perusahaan tersebut di benak masyarakat. Sugiarto (2002 :42) mengatakan bahwa loyalitas dibangun melalui penciptaan image (citra) dan terdapat hubungan positif antara citra dan loyalitas. Penelitian ini akan membahas mengenai hubungan antara citra perusahan dan loyalitas di salah satu ritel di Yogyakarta yaitu SUPER INDO Seturan. Subyek penelitian ini adalah pelanggan SUPER INDO Seturan berjumlah 300 orang. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara terhadap pihak manajemen SUPER INDO Seturan Yogyakarta, teknik analisis data dengan menggunakan distribusi frekuensi dan analisis korelasi. Penelitian ini menemukan bukti bahwa ada hubungan antara citra perusahaan dengan loyalitas pelanggan dan kuat hubungannya sebesar 0,312 atau 31,2%, namun setelah dikontrol oleh kualitas layanan dan kuat hubungannya menjadi 13,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualiatas layanan ternyata menurunkan hubungan antara citra dengan loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Citra Perusahaan, Loyalitas Pelanggan, SUPER INDO Seturan Yogyakarta
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2013 08:01
Last Modified: 01 May 2013 08:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/800

Actions (login required)

View Item View Item