PRAKTIK KONSUMSI SEHARI-HARI DALAM DISKURSUS TENTANG TELEVISI (Studi Etnografi Aktivitas Membaca Artikel Televisi di Kompas Minggu dan Aktivitas Menonton Tayangan 8-11 Show di Metro TV, Beritawa di TRANS 7, Ngulik dan Online di Trans TV)

Swastika, Gabriela Laras Dewi (2011) PRAKTIK KONSUMSI SEHARI-HARI DALAM DISKURSUS TENTANG TELEVISI (Studi Etnografi Aktivitas Membaca Artikel Televisi di Kompas Minggu dan Aktivitas Menonton Tayangan 8-11 Show di Metro TV, Beritawa di TRANS 7, Ngulik dan Online di Trans TV). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03240.pdf

Download (1862Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03240.pdf

Download (2048Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03240.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2710Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03240.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18Mb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03240.pdf

Download (3307Kb)

Abstract

Kebiasaan sehari-hari seperti membaca surat kabar dan menonton televisi kerapkali ditemui dalam hidup masyarakat. Kebiasaan tersebut hendaknya diartikulasikan karena menunjukkan mode operasi secara nyata. Mode operasi dalam aktivitas membaca surat kabar dan menonton televisi menunjukkan praktik konsumsi kultural yang dilakukan oleh khalayak atas teks media, menunjukkan bagaimana konsumen menggunakan atau melakukan sesuatu. Teks pada penelitian ini adalah surat kabar Kompas Minggu terutama pada artikel tentang televisi dan empat program televisi, yakni 8-11 Show, Beritawa, Ngulik, dan Online. Peneliti hendak mencari tahu bagaimana artikel televisi Kompas Minggu dikonsumsi oleh pembaca dan program televisi yang diberitakan tersebut dikonsumsi penonton sehingga membentuk diskursus televisi. Peneliti memutuskan menggunakan pisau analisis etnografi. Etnografi membantu peneliti menyibakkan praktik konsumsi yang terjadi secara riil dan mendetil karena sifat dari etnografi sendiri yang menekankan thick description. Peneliti perlu melakukan pengamatan berperan serta, di mana peneliti ikut menonton keempat program televisi dan membaca Kompas Minggu. Selain itu, diperlukan juga metode eavesdropping (mencuri-dengar) dan wawancara dalam pengumpulan data. Pada akhirnya, khayalak memang tidak bisa lepas dari hegemoni karena praktik konsumsi itu sendiri menjadi perwujudan atas dominasi kuasa media massa. Meski demikian, ada kalanya mereka melakukan resistensi. Mereka memaknai apa yang mereka baca dan tonton tidak selalu sesuai dengan keinginan teks, mereka menciptakan pemahaman mereka sendiri melalui kritikan dan ketidaksetujuan pada beberapa bagian sehingga menciptakan peluang pengetahuan yang beragam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: aktivitas membaca, aktivitas menonton, praktik konsumsi, dominasi kuasa, resistensi
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2013 08:12
Last Modified: 01 May 2013 09:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/806

Actions (login required)

View Item View Item