PENGARUH TINGKAT TERPAAN IKLAN TELEVISI AQUA DAN TINGKAT PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS MEREK (Study Eksplanatif Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Televisi AQUA Versi “It’s In Me” dan Tingkat Pengetahuan Produk Terhadap Loyalitas Merek pada Friends di Situs Jejaring Sosial Facebook AQUA)

Puspitasari, Katarina Yekti (2011) PENGARUH TINGKAT TERPAAN IKLAN TELEVISI AQUA DAN TINGKAT PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS MEREK (Study Eksplanatif Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Televisi AQUA Versi “It’s In Me” dan Tingkat Pengetahuan Produk Terhadap Loyalitas Merek pada Friends di Situs Jejaring Sosial Facebook AQUA). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03329.pdf

Download (1409Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03329.pdf

Download (2109Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03329.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1232Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03329.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3069Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03329.pdf

Download (5Mb)

Abstract

Media televisi banyak digunakan salah satunya untuk memperkenalkan sebuah produk seperti yang dilakukan oleh PT. Tirta Investama, media televisi digunakan untuk memperkenalkan program “it’s in me” kepada khalayak. Khalayak diterpa berbagai macam iklan dengan berbagai merek yang diiklankan. Penelitian ini ingin melihat bagaimana pengaruh tingkat terpaan iklan televisi dan tingkat pengetahuan produk terhadap loyalitas merek. Terpaan iklan berkaitan dengan terpaan media yang dialami oleh khalayak karena terpaan media memberi kesempatan khalayak untuk diterpa aktivitas periklanan. Aktivitas periklanan di media televisi dapat membantu pembentukan loyalitas merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat terpaan iklan Aqua yang dilakukan oleh PT. Tirta Investama dan tingkat pengetahuan produk terhadap loyalitas merek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksplanatif yang menjelaskan pengaruh variabel tingkat terpaan iklan televisi Aqua versi “it’s in me” dan tingkat pengetahuan produk terhadap loyalitas merek. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang menjadi friends dalam situs jejaring sosial facebook Aqua yang diambil melalui quota sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terpaan iklan televisi Aqua memiliki pengaruh terhadap loyalitas merek dan tingkat pengetahuan produk yang dimiliki oleh responden sebagai variabel moderasi memperlemah pengaruh antara terpaan iklan televisi Aqua terhadap loyalitas merek. Terpaan iklan televisi Aqua dapat mempengaruhi loyalitas merek karena Aqua merupakan brand besar dan Telah menguasai pangsa pasar. Hal ini menunjukkan bahwa dalam membentuk loyalitas merek tidak hanya dipengaruhi oleh terpaan iklan tetapi juga faktorfaktor lain seperti tingkat pengetahuan produk yang dimiliki oleh responden. Hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terpaan iklan memiliki pengaruh sebesar 37.8% dalam membentuk loyalitas merek dan tingkat pengetahuan produk memperlemah pengaruh antara terpaan iklan televisi Aqua terhadap loyalitas merek. Saran yang dapat diberikan pada PT. Tirta Investama adalah agar tetap menjaga loyalitas dari pelanggan dengan cara melakukan kegiatan beriklan secara konsisten dan memberikan informasi yang berguna dari apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat terpaan iklan televisi, tingkat pengetahuan produk, loyalitas merek
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2013 08:21
Last Modified: 01 May 2013 08:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/812

Actions (login required)

View Item View Item