PERENCANAAN KAMPANYE “AYO KE JOGJA” (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Perencanaan Kampanye dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jogja untukMemulihkan Citra Jogja Pasca Bencana Merapi Tahun 2010)

Wijayanti, Agustina Sari (2011) PERENCANAAN KAMPANYE “AYO KE JOGJA” (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Perencanaan Kampanye dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jogja untukMemulihkan Citra Jogja Pasca Bencana Merapi Tahun 2010). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM03410.pdf

Download (1384Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM03410.pdf

Download (2701Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM03410.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM03410.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM03410.pdf

Download (18Mb)

Abstract

Bencana Erupsi Merapi yang terjadi tahun 2010 selain membawa dampak mental dan fisik bagi para korban tetapi juga membawa dampak bagi menurunnya kepercayaan publik terhadap Jogja. Hal yang tampak jelas adalah pada turunnya kunjungan wisatawan domestik maupun internasional ke Jogja. Pemberitaan media massa cetak maupun elektronik yang terlalu berlebihan terkait dengan kondisi dan situasi Jogja membuat publik semakin takut untuk berkunjung ke Jogja. Dengan adanya permasalahan tersebut Pemkot berinisiatif untuk membuat suatu gerakan kampanye “Ayo ke Jogja”. latar belakang kampanye tersebut adalah untuk mengcounter pemberitaan media massa terkait dengan kondisi dan situasi Jogja. Pemkot mengajak semua lapisan masyarakat Jogja pada khususnya untuk ikut berpartisispasi memulihkan citra Jogja. Adapun dalam kampanye “Ayo ke Jogja” tersebut mengarah pada jenis current image dan wish image. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif. Pemaparan hasil berdasarkan wawancara dan dokumen yang didapat dilapangan tentang perencanaan kampanye. dalam sebuah perencanaan ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Tahapan perencanaan kampanye dalam penelitian ini menggunakan teori Anne Gregory yaitu: analisis masalah, menetapkan tujuan, menentukan pesan, menyusun strategi dan taktik, menyusun skala waktu , melakukan evaluasi dan review. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimanakah perencanaan kampanye “Ayo ke Jogja” dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jogja untuk memulihkan citra Jogja pasca benca Merapi tahun 2010. Perencanaan kampanye sangat penting dilakukan sebelum implementasi kegiatan. Strategi yang tepat akan menentukan keberhasilan dari kampanye. Penetapan strategi disesuaikan dengan siapa yang menjadi target sasarannya sehingga akan diketahui strategi persuasi apa yang akan dipakai, apakah menggunakan strategi stimulus respons, strategi kognitif, strategi motivasi, strategi pendekatan sosial atau strategi personalitas. Berdasarkan hasil data dan analisis yang diperoleh bahwa perencanaan kampanye Dinas Pariwisata Jogja menggunakan strategi persuasi kognitif,motivasi dan pendekatan sosial. Dalam tahapan perencanaan kampanye tersebut tidak sesuai dengan tahapan perencanaan kampanye Anne Gregory. Tahapan perencanaan kampanye “Ayo ke Jogja” tidak memiliki skala waktu yang jelas dan rinci. Idealnya dalam sebuah perencanaan kampanye harus memiliki skala waktu yang jelas untuk memudahkan dalam hal evaluasi dan akan membuat kampanye tetap on the track.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kampanye, Perencanaan Kampanye
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2013 08:30
Last Modified: 01 May 2013 09:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/817

Actions (login required)

View Item View Item