ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP DIMENSI MUTU PERUMAHAN SEDERHANA DI KABUPATEN BANTUL

Triditomo, Rinto (2008) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP DIMENSI MUTU PERUMAHAN SEDERHANA DI KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS11135.pdf

Download (145Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS11135.pdf

Download (52Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS11135.pdf

Download (68Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS11135.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS11135.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS11135.pdf

Download (636Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat pengguna perumahan sederhana di Kabupaten Bantul ditinjau dari indikator dan variabel dimensi mutu perumahan. Selain itu juga untuk mengetahui indikator dan variabel dimensi mutu perumahan sederhana yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan kinerjanya atau yang paling berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Metode penelitian dilaksanakan berdasarkan angket pada 100 responden penghuni perumahan sederhana. Dimana angket kuesioner itu dibagikan pada 100 responden dari 7 perumahan sederhana yang terdapat di Kabupaten Bantul- Jogjakarta. Untuk mengukur Kepuasan konsumen penghuni perumahan sederhana ini digunakan teori kesenjangan (Gap) kepuasan konsumen dimana kepuasan konsumen dalam hal ini diukur dari kesenjangan harapan dan kinerja konsumen. Setelah harapan dan kinerja itu kita dapatkan, kita bisa mengukur sejauh mana mutu pelayanan pihak developer untuk memenuhi kepuasan konsumennya berdasarkan indikator dan variabel importance-performance analisis yang nantinya tergambar disebuah diagram. Dari hasil analisis didapatkan bahwa indikator yang mempunyai tingkat kepuasan konsumen terbesar yaitu Dapat mengawasi pembangunan rumah (85,71%). Nilai kepuasan konsumen berdasarkan variabel yang mempunyai tingkat kepuasan tinggi yaitu Waktu Penyerahan (82,73%). Secara keseluruhan tingkat kepuasan konsumen untuk seluruh variabel adalah tinggi (78,28%). Nilai kinerja developer rendah yaitu 2,93 dibanding harapan konsumen 3,74. Indikator yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki kinerjanya atau yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen diambil 3 peringkat terbesar yaitu Layanan informasi perumahan dengan jelas dan lengkap dari pihak developer dan bank penjamin KPR; Kemudahan dalam pembayaran perumahan dan Pembayaran KPR sesuai dengan penjadwalan kredit. Sedangkan variabel yang menjadi proritas utama atau yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah variabel Pembayaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: mutu, perumahan sederhana, indikator, variabel
Subjects: Sipil > Geo Teknik
Sipil > Geo Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Oct 2015 13:00
Last Modified: 28 Oct 2015 13:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8238

Actions (login required)

View Item View Item