ALLO, USIA RANTE (2015) EVALUASI KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA ANGKUTAN UMUM BUS METRO PERMAI TRAYEK TORAJA-MAKASSAR. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
TS013735.pdf Download (343kB) |
|
Text (Bab I)
TS113735.pdf Download (561kB) |
|
Text (Bab II)
TS213735.pdf Download (72kB) |
|
Text (Bab III)
TS313735.pdf Download (238kB) |
|
Text (Bab IV)
TS413735.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
|
Text (Bab V)
TS513735.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
Text (Bab VI)
TS613735.pdf Download (72kB) |
Abstract
Tana Toraja adalah salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan. Ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan adalah Makassar yang berjarak kurang lebih 350 km dari Tana Toraja dengan waktu tempuh 8-9 jam. Masyarakat Tana Toraja banyak merantau ke Makassar dan luar Sulawesi, hal ini menciptakan mobilitas yang tinggi dari dan ke Tana Toraja, serta transportasi udara yang menghubungkan Toraja dengan Makassar hanya melayani satu kali keberangkatan setiap minggu dengan pesawat kecil yang berkapasitas 8-10 penumpang dan tidak adanya transportasi laut membuat masyarakat Toraja lebih banyak menggunakan transportasi darat untuk keluar ke daerah lain terutama ke Makassar untuk melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi udara dan transportasi laut ke luar Sulawesi. Didukung dengan mahasiswa yang banyak menuntut ilmu di Makassar dan luar Sulawesi, artinya dibutuhkan transportasi darat yang menghubungkan Toraja dan Makassar untuk kelancaran aktivitas dan perekonomian masyarakat. Salah satu AKDP yang melayani trayek Toraja- Makassar adalah Bus Metro Permai yang banyak dipilih masyarakat untuk keluar daerah. Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengevaluasi tentang kepuasan penumpang terhadap kualitas pelayanan jasa angkutan umum Bus Metro Permai trayek Toraja- Makassar. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan 100 kuesioner kepada penumpang Bus Metro Permai. Untuk mengetahui kuisioner sudah valid dan dapat dipercaya maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Pengolahan data selanjutnya yaitu dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis yang terdiri dari Analisis Kesenjangan (GAP), analisis kesesuaian, dan analisis kuadran dengan diagram kartesius. Dari hasil analisis diketahui bahwa atribut dari pelayanan yang harus dipertahankan adalah kendaraan yang sangat layak pakai, jumlah armada, kemudahan dalam membeli tiket bus Metro Permai, Pengemudi yang berpengalaman dan tanggung jawab kondektur yang selalu membantu penumpang mengangkat barang, fasilitas bus yaitu AC, kebersihan bus, kursi bus serta selimut dan bantal. Adapun yang perlu ditingkatkan yaitu keberangkatan kendaraan, tarif angkutan perlu dibenahi, keramahan dan ketelitian pegawai, tanggung jawab dan ketanggapan pegawai, komunikasi dan keramahan pengemudi kepada penumpang serta fasilitas yang mendukung kenyamanan penumpang termasuk TV dan DVD.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Validitas, Reliabilitas, Importance Performance Analysis, dan Bus Metro Permai |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 12:26 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 12:26 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8352 |
Actions (login required)
View Item |