PERANCANGAN JARINGAN LOGISTIK UNTUK MENENTUKAN LOKASI DAN JUMLAH GUDANG PENYALUR BERBASIS PETA RISIKO BENCANA DI KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Hehanussa, Priska Eudia (2012) PERANCANGAN JARINGAN LOGISTIK UNTUK MENENTUKAN LOKASI DAN JUMLAH GUDANG PENYALUR BERBASIS PETA RISIKO BENCANA DI KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TI05394.pdf

Download (729Kb)
[img] Text (Bab I)
1TI05394.pdf

Download (94Kb)
[img] Text (Bab II)
2TI05394.pdf

Download (52Kb)
[img] Text (Bab III)
3TI05394.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TI05394.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2225Kb)
[img] Text (Bab V)
5TI05394.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TI05394.pdf

Download (18Mb)

Abstract

Besarnya ancaman bencana di Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta semakin meningkat dari waktu ke waktu, namun tidak disertai dengan sistem penanggulangan bencana yang berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan oleh pengalaman kejadian bencana yang mengakibatkan korban dan kerugian yang besar, penanganan yang terkesan lambat, serta dampak yang berkepanjangan. Salah satu indikator penting dalam keberhasilan suatu sistem penanggulangan bencana adalah dilihat dari pelaksanaan sistem logistik bencananya. Akan tetapi dalam pelaksanaannya di Kabupaten Sleman, masih terdapat banyak permasalahan, seperti mekanisme distribusi barang bantuan yang kurang terarah dari gudang utama (gudang kabupaten) ke lokasi terdampak bencana (lokasi demand) karena jumlahnya yang hanya satu, namun harus melakukan distribusi ke berbagai lokasi untuk jenis bencana yang berbeda-beda. Dalam hal ini, fungsi gudang penyalur yang seharusnya ada dalam sebuah rantai pasok logistik bencana masih belum ditetapkan dan Pemerintah Kabupaten Sleman sedang dalam tahap perencanaan untuk menentukan lokasi dan jumlah gudang penyalur tersebut. Berangkat dari permasalahan di atas, peran jaringan logistik dalam suatu sistem logistik bencana menjadi sangat penting. Dalam penelitian ini, akan dilakukan perancangan jaringan logistik untuk menentukan usulan lokasi dan jumlah gudang penyalur, dengan terlebih dahulu melakukan pemetaan kembali risiko bencana yang ada di Kabupaten Sleman untuk mendapatkan peta risiko bencana yang dapat menggambarkan tinggi rendahnya risiko dari setiap ancaman bencana secara up to date dan sesuai dengan kondisi dan perkembangan bencana alam saat ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: logistik, jaringan logistik, bencana, peta risiko bencana
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Apr 2013 10:13
Last Modified: 30 Apr 2013 13:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/847

Actions (login required)

View Item View Item