PELAKSANAAN PRINSIP-PRINSIP ETIKA BISNIS DALAM IKLAN PT UNILEVER LIFEBUOY DI DESA BITOBE KABUPATEN KUPANG NUSA TENGGARA TIMUR

Magho, Anna Maria Theresia Uta (2015) PELAKSANAAN PRINSIP-PRINSIP ETIKA BISNIS DALAM IKLAN PT UNILEVER LIFEBUOY DI DESA BITOBE KABUPATEN KUPANG NUSA TENGGARA TIMUR. PELAKSANAAN PRINSIP-PRINSIP ETIKA BISNIS DALAM IKLAN PT UNILEVER LIFEBUOY DI DESA BITOBE KABUPATEN KUPANG NUSA TENGGARA TIMUR. pp. 1-25.

[img] Text (Jurnal Magister Ilmu Hukum)
Jurnal MIH01989.pdf

Download (948kB)

Abstract

PT Unilever Lifebuoy merupakan sebuah perusahaan yang besar, oleh karena itu PT Unilever Lifebuoy tentu mempunyai banyak pesaing dari perusahaan lain dalam menjalankan kegiatan usaha mereka. Setiap perusahaan mempunyai cara atau strategi yang dapat digunakan agar perusahaan bisa tetap bertahan menjalankan kegiatan usaha mereka, sehingga tujuan dari perusahaan yaitu untuk memperoleh keuntungan atau laba dapat tercapai. Berkaitan dengan penulisan ini, maka strategi yang digunakan oleh perusahaan dalam hal ini PT Unilever Lifebuoy adalah strategi pemasaran khususnya mengenai iklan. Sebuah perusahaan dalam membuat sebuah iklan harus menerapkan atau memperhatikan prinsip-prinsip dari etika bisnis. Adapun prinsip-prinsip etika bisnis antara lain: otonomi, kejujuran, tidak berbuat jahat dan prinsip berbuat baik, keadilan, dan hormat kepada diri sendiri. PT Unilever Lifebuoy membuat iklan kesehatan menaikan citra perusahaan dengan mengambil tempat atau lokasi di Desa Bitobe Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT). Iklan kesehatan masyarakat ini mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Iklan yang dibuat oleh PT Unilever Lifebuoy dilihat dari etika bisnis merupakan suatu perbuatan yang baik karena etika bisnis merupakan studi mengenai moral yang baik atau salah. Pada kenyataannya iklan tersebut ditolak oleh masyarakat NTT. Penelitian menenai 2 Pelaksanaan Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Dalam Strategi Pemasaran Pada Iklan PT Unilever Lifebuoy Di Desa Bitobe Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur bertujuan untuk mengetahui mengapa penayangan iklan kesehatan masyarakat dalam rangka menaikan citra perusahaan oleh PT Unilever Lifebuoy di Desa Bitobe Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur ditolak oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan sosiologi hukum, dengan menggunakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan responden dan studi kepustakaan, data yang diperoleh kemudian dianalisis. Pada tahap akhir proses berpikir dilakukan secara induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua prinsip-prinsip etika bisnis diterapkan dalam pembuatan iklan di Desa Bitobe dalam hal ini prinsip keadilan, hal ini yang mengakibatkan masyarakat NTT yang berada di luar wilayah Bitobe menolak penayangan iklan tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Citra Perusahaan, Penolakan Iklan, dan Prinsip Etika Bisnis
Subjects: Magister Ilmu Hukum > Hukum Bisnis
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Jan 2016 11:51
Last Modified: 28 Jan 2016 11:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8633

Actions (login required)

View Item View Item