ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KOMPETITIF DALAM INDUSTRI PERHOTELAN DI KOTA SURAKARTA

Kristian P, Hans (2015) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KOMPETITIF DALAM INDUSTRI PERHOTELAN DI KOTA SURAKARTA. . pp. 1-10.

[img] Text
JURNALEM19018.pdf

Download (568kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan pada industri perhotelanini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran kompetitif yang digunakan oleh perusahaan perhotelan di Kota Surakarta. Strategi pemasaran yang digunakan sebagai acuan adalah 6 strategi pemasaran kompetitif/bersaing dasar dari Kolter yaitu kepemimpinan biaya menyeluruh, diferensiasi, fokus, kesempurnaan operasional, keintiman pelanggan, dan kepemimpinan produk. Penelitian ini dilakukan terhadap perusahaan perhotelan di Kota Surakarta yang menempati posisi bersaing yang berbeda-beda, yaitu sebagai pemimpin pasar, penantang pasar, dan pengikut pasar.Analisis yang digunakan antara lain adalah analisis presentase dan analisis chi-square. Berdasarkan dari hasil penelitian, ditemukan bahwa perusahaan perhotelan yang menempati posisi berbeda.Hotel dengan posisi persaingan sebagai pemimpin lebih menerapkan strategi bersaing fokus pada kenyamanan, sedangkan hotel dengan posiis bersaing sebagai penantang lebih agresif dalam menerapkan strategi bersaingya itu dengan strategi: menawarkan harga yang lebih murah, nemawarkan nilai yang lebih baik dari jasa layanan yang dijual, menawarkan produk atau servis yang lebih unik, lebih intensif dalam menawarkan program promosi dengan format yang berbeda, melayani pelanggan dalam berbagai segmen, dan berorientasi pada pengembangan fasilitas pemesanan secara online yang lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran kompetitif, posisi bersaing, industri perhotelan
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Feb 2016 11:00
Last Modified: 11 Feb 2016 08:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8695

Actions (login required)

View Item View Item