PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KESUKSESAN PRODUK BARU PADA INDUSTRI KREATIF DI YOGYAKARTA

Sofyan, Christopher (2015) PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KESUKSESAN PRODUK BARU PADA INDUSTRI KREATIF DI YOGYAKARTA. . pp. 1-15.

[img] Text
JURNALEM19169.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar terhadap kesuksesan produk baru. Sampel dalam penelitian ini adalah manajer pemasaran maupun manajer R&D pada industri kreatif di Yogyakarta. Responden dalam penelitian ini berjumlah 200 manajer. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuisioner yang berisikan 18 item pernyataan yang diisi langsung oleh para responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier dan regresi moderasi. Hasil pengujian data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kerjasama R&D dan pemasaran; orientasi pelanggan; orientasi kompetitor memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesuksesan produk baru. Sedangkan pada efek moderasi dari orientasi pelanggan dan efek moderasi dari orientasi kompetitor memiliki pengaruh kepada kerjasama departemen R&D dan pemasaran terhadap kesuksesan produk baru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: orientasi pelanggan, orientasi kompetitor, orientasi pasar, pengembangan produk baru, kesuksesan produk baru.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Feb 2016 07:51
Last Modified: 11 Feb 2016 08:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8704

Actions (login required)

View Item View Item