TRI HARMIATI, JOSEFA (2015) STRATEGI MIROTA KAMPUS DALAM PENANGANAN KOMPLAIN KONSUMEN. . pp. 1-15.
Text
JURNALSOS04510.pdf Download (771kB) |
Abstract
Tulisan ini berusaha untuk memahami komplain konsumen dengan menggunakan kacamata sosiologis. Dari kacamata sosiologis menawarkan teori konflik, sebagai bagian dari proses komplain, yang mana terjadi akibat kurangnya interaksi, kurangnya sifat keterbukaan dari pihak yang saling berhubungan dan disebabkan karena adanya kepentingan yang sama dari kelompok tertentu. Komplain sebagai bagian penting bagi perusahaan membutuhkan rencana untuk menyusun strategi dalam memuaskan konsumen. Strategi merupakan bagian penting untuk mempersiapkan perusahaan dalam menghadapi persoalan. Setiap strategi yang diberikan kepada konsumen, memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk lebih memperhatikan dan memecahkan serta menyelesaikan komplain yang terjadi. Setiap perusahaan wajib memberikan kepuasan kepada konsumennya. Dalam hal ini, bertanggung jawab menanggapi dan menyelesaikan komplain yang berbedabeda dari konsumen. Apabila suatu perusahaan mampu merumuskan komplain dengan sebaik mungkin, maka konsumen akan merasa puas. Namun hal tersebut tentunya memiliki taktik yang terencana, sebagai tindakan dalam merespon komplain yang terjadi. Ketika ada komplain dari konsumen kepada pihak perusahaan yang telah memiliki strategi yang terencana, maka dalam proses penanganannya, pihak perusahaan secara otomatis, mengetahui tindakan apa yang dapat dilakukan dan diberikan kepada konsumen. Mirota Kampus dalam menanggapi dan meyelesaikan komplain konsumen, memberikan beberapa strategi yang terencana. Strategi tersebut antara lain, strategi penyediaan kotak saran, strategi melalui media email, strategi melalui face to face secara langsung dan strategi telepon / kontak langsung ke customer service. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dalam merumuskan persoalan yang berkaitan dengan hasil penelitian yang dilakukan. Pada kesempatan ini, penulis melakukan penelitian pada Mirota Kampus, dengan melihat persoalan komplain dan bagaimana strategi penanganan yang diberikan dari Mirota Kampus kepada konsumen.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konflik, Komplain dan Strategi. |
Subjects: | Sosiologi > Business |
Divisions: | Fakultas ISIP > Sosiologi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 17 Feb 2016 12:57 |
Last Modified: | 17 Feb 2016 12:57 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8802 |
Actions (login required)
View Item |