Eka Nugroho, Sylvia (2015) PENGARUH TINGKAT TERPAAN SPONSORSHIP DAN TINGKAT BRAND AWARENESS TERHADAP SIKAP PADA MEREK (Studi Eksplanatif Pengaruh Tingkat Terpaan Sponsorship Oppo Dalam Program Televisi X-Factor Indonesia dan Tingkat Brand Awareness Terhadap Sikap Konsumen Pada Merek Oppo di Kalangan Mahasiswa Universitas Atma Jaya YOGYAKARTA). . pp. 1-10.
Text
JURNALKOM04335.pdf Download (559kB) |
Abstract
Persaingan smartphone semakin ketat, banyak produsen smartphone yang berlomba-lomba untuk memenangkan pasar smartphone khususnya di Indonesia. Oppo merupakan salah satu merek smartphone yang tergolong baru di Indonesia. Sebagai produk baru, Oppo melakukan berbagai macam strategi untuk dapat memperkuat mereknya di pasaran, salah satunya dengan melakukan sponsorship dalam program televisi. Sponsorship merupakan salah satu kegiatan promosi dimana pihak sponsor dapat lebih leluasa dalam memanfaatkan waktu tertentu untuk menyampaikan informasi produknya. Sponsorship pada sebuah program televisi banyak digemari oleh pihak sponsor, karena televisi dianggap sebagai media audiovisual yang murah dan mudah dijangkau oleh mayoritas masyarakat dari berbagai golongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat terpaan sponsorship Oppo dalam program televisi X-Factor Indonesia dan tingkat brand awareness merek terhadap sikap pada merek Oppo. Penelitian ini menggunakkan metode survey dengan kuesioner sebagai instrumen penelitiannya. Kuesioner dibagikan kepada 102 mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan menggunakkan teknik quota sampling dimana masing-masing 17 kuesioner dibagikan ke 6 fakultas di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Kesimpulan yang diperoleh bahwa tingkat terpaan sponsorship tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat brand awareness dengan nilai signifikansi 0,110 dan tingkat brand awareness berpengaruh signifikan terhadap sikap pada merek dengan nilai signifikansi 0,000.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Terpaan Sponsorship, Brand Awareness, dan Sikap pada Merek, Uses and Gratification Theory. |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 18 Feb 2016 10:02 |
Last Modified: | 18 Feb 2016 10:02 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8810 |
Actions (login required)
View Item |