ANALISIS RELASI PENERAPAN KRITERIA GREENROAD CONSTRUCTION DAN KATEGORI GREEN

AMOR DE ROSARIO, CLAUDIO (2015) ANALISIS RELASI PENERAPAN KRITERIA GREENROAD CONSTRUCTION DAN KATEGORI GREEN. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTS02231.pdf

Download (1194Kb)
[img] Text (Bab I)
1MTS02231.pdf

Download (346Kb)
[img] Text (Bab II)
2MTS02231.pdf

Download (173Kb)
[img] Text (Bab III)
3MTS02231.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142Kb)
[img] Text (Bab IV)
4MTS02231.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439Kb)
[img] Text (Bab V)
5MTS02231.pdf

Download (734Kb)

Abstract

Infrastruktur jalan merupakan salah satu infrastruktur yang sangat penting. Pertumbuhan panjang jalan yang terus mengalami peningkatan tentu akan berakibat pada berkurangnya ketersediaan sumber daya alam sebagai pembentuk struktur jalan, meningkatnya jumlah limbah yang dihasilkan oleh proses konstruksi, meningkatnya emisi yang ditimbulkan pada tahap pembangunan maupun operasional, berkurangnya lahan produktif akibat pengalihan lahan akibat pembangunan jalan, dan berbagai dampak lain terkait dengan lingkungan. Manfaat jalan hijau mencakup hal-hal sebagai berikut: (a) manfaat bagi lingkungan (ekosentris) adalah mengurangi penggunaan material, bahan bakar fosil, air, polusi udara, emisi gas rumah kaca, polusi air, limbah padat, dan mampu memulihkan/membentuk habitat.(b) manfaat bagi manusia (antroposentris) adalah meningkatkan akses, mobilitas, kesehatan dan keselamatan manusia, ekonomi lokal, kesadaran, estetika, dan mereduksi biaya daur hidup (Greenroads, 2012). Green road atau jalan hijau merupakan suatu gerakan berkelanjutan yang mencita-citakan terciptanya konstruksi dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pemakaian produk konstruksi yang ramah lingkungan, efisien dalam pemakaian energi dan sumber daya, serta berbiaya rendah dan pencapaian kualitas konstruksi yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis analisis relasi penerapan kriteria greenroad construction dan kategori green. Dalam penelitian ini jumlah responden sebanyak 48, dimana 15 responden mendapatkan kategori tidak green, 5 responden mendapatkan kategori Certified, dan 28 responden mendapatkan kategori silver. Hasil uji statistic pada tingkat penerapan kriteria green road berdasarkan pengaruh kepentingan sustainability bahwa Construction Activities (CA) merupakan variabel yang paling berpengaruh dengan nilai mean sebesar 4,2292. Sedangkan untuk uji diskriminan menghasilkan dari enam variabel hanya tiga variabel (Project Requirments (PR), Construction Activities (CA), dan Pavement Technologies (PT)) yang digunakan untuk membentuk fungsi diskriminan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: greenroads, kriteria green, kategori greenroads
Subjects: Magister Teknik Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Mar 2016 09:29
Last Modified: 16 Mar 2016 09:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8926

Actions (login required)

View Item View Item