PENGARUH ASAL MEREK LOKAL DAN MEREK NONLOKAL PADA SIKAP KONSUMEN (Studi Pada Merek J.Co dan Dunkin Donuts)

Sena, Bangkit Yudha (2015) PENGARUH ASAL MEREK LOKAL DAN MEREK NONLOKAL PADA SIKAP KONSUMEN (Studi Pada Merek J.Co dan Dunkin Donuts). .. pp. 1-12.

[img] Text (Jurnal Ekonomi Manajemen)
Jurnal.pdf

Download (432kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh asal merek lokal dan merek nonlokal pada sikap konsumen. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan membagikan kuesioner sebanyak 200 eksemplar. Responden yang dipilih dalam penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling, dengan syarat responden sebagai user, yaitu mereka yang pernah mengkonsumsi merek lokal dan nonlokal sesuai dengan isi kuesioner. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh asal merek lokal dan nonlokal pada sikap konsumen adalah analisis regresi sederhana. Untuk melihat perbedaan persepsi konsumen digunakan independent sample t-test dan one way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan persepsi konsumen merek lokal dan nonlokal, dimana citra merek dan sikap merek terhadap merek lokal lebih baik dibandingkan merek nonlokal. Sedangkan pengaruh persepsi asal merek nonlokal pada sikap konsumen hanya signifikan terhadap merek nonlokal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Asal Merek, Sikap Konsumen, Perbedaan Persepsi, Merek Lokal, Merek Nonlokal
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Mar 2016 08:33
Last Modified: 30 Mar 2016 08:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8962

Actions (login required)

View Item View Item