PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP INOVASI PERUSAHAAN (Studi pada industri kecil gerabah)

Kurniawan Nusantara, Andreas (2016) PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP INOVASI PERUSAHAAN (Studi pada industri kecil gerabah). . pp. 1-11.

[img] Text
JURNALEM18862.pdf

Download (619kB)

Abstract

Tujuan yang hendak diraih dari perusahaan yang berorientasi pada profit adalah mendapatkan keuntungan yang maksimal. Keuntungan yang besar diperoleh saat perusahaan memiliki kinerja yang baik. Kinerja perusahaan yang baik diawali oleh kemampuan perusahaan untuk melakukan inovasi pengembangan produk atau jasa layanan. Inovasi yang dilakukan perusahaan akan sukses jika perusahaan memiliki orientasi pasar yang baik. Orientasi pada pasar ditunjukkan dalam bentuk perhatian/orientasi pada pelanggan, orientasi pada pesaing dan koordinasi antar fungsi. Penelitian ini dilakukan pada 110 perusahaan atau industri gerabah di Kasongan Yogyakarta yang telah beroperasi minimal selama 5 tahun dimana kuesioner penelitian diisi oleh pemilik atau manajer/pengelola. Hasil penelitian ini memberikan bukti yang nyata bahwa perusahaan gerabah di Kasongan memiliki orientasi pada pasar (orientasi pada pelanggan, orientasi pada pesaing, dan koordinasi antar fungsi) yang baik. Inovasi yang dilakukan perusahaan industri gerabah di Kasongan termasuk dalam kategori baik. Hasil lain dari penelitian ini diketahui bahwa orientasi pada pasar (orientasi pada pelanggan, orientasi pada pesaing, dan koordinasi antar fungsi) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap inovasi perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Orientasi pada pasar, Inovasi Perusahaan
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Apr 2016 09:03
Last Modified: 04 Apr 2016 09:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/8993

Actions (login required)

View Item View Item