ANALISIS TINGKAT PELAYANAN JALAN PADA RUAS JALAN SETIABUDI SEMARANG

Bagenda, Yoseph Fernando Putra (2012) ANALISIS TINGKAT PELAYANAN JALAN PADA RUAS JALAN SETIABUDI SEMARANG. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS12763.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
1TS12763.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS12763.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS12763.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS12763.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (Bab V)
5TS12763.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
6TS12763.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Ruas Jalan Setiabudi merupakan jaringan jalan yang sangat padat dan ramai dilalui para pengguna jalan baik yang menuju maupun meninggalkan kota Semarang. Pergerakan kendaraan dari suatu tempat asal menuju suatu tempat tujuan setiap hari sering kali terganggu akibat adanya aktivitas yang di kedua sisi jalan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan analisis tingkat pelanyanan terhadap ruas jalan tersebut agar diketahui permasalahan yang sebenarnya terjadi sekaligus cara pemecahannya supaya ruas jalan yang ada dapat memberikan kinerja dan tingkat pelayanan yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengambilan data-data secara langsung dan tidak langsung antara lain data arus lalu lintas tiga hari, kondisi geometric jalan dan hambatan samping. Setelah semua terkumpul, data diolah berdasarkan manual kapasitas jalan Indonesia dan peraturan menteri perhubungan nomor km 14 tahun 2006 tentang manajemen dan rekayasa lalu lintas di jalan. Hasil penelitian di lapangan dari data yang sudah didapat menunjukkan bahwa arah Volume (Q) untuk arah Semarang - Ungaran lalu lintas cukup tinggi (1485,3 smp/jam) dibandingkan dengan arah Ungaran - Semarang terjadi (1460,1 smp/jam), tetapi hambatan samping arah Semarang - Ungaran rendah (324 kejadian/jam) sedangkan Ungaran - Semarang hambatan samping lebih tinggi (334 kejadian/jam), kecepatan arus bebas (FV) 41,82 km/jam, kapasitas (C) 3458,54 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) 0,43.Dari hasil pembahasan dengan metode MKJI 1997 dan peraturan menteri perhubungan nomor km 14 tahun 2006 tentang manajemen dan rekayasa lalu lintas di jalan bisa diketahui bahwa ukuran dari tingkat pelayanan jalan pada ruas jalan Setiabudi dengan kecepatan 41,82 km/jam berada pada tingkat pelayanan C, yang diakibatkan pengguna sepeda motor yang cukup banyak,aktivitas di samping jalan yang sangat mengganggu kinerja jalan secara maksimal, dan kurangnya rambu-rambu lalu lintas. Adapun upaya perbaikan yang dapat dilakukan berupa manajemen lalu lintas seperti penambahan rambu-rambu larangan parkir ,pembuatan jembatan penyeberangan dan dibuat lahan parkir agar penumpukan kendaraan di samping jalan dapat ditekan jumlahnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Volume lalu lintas, Kapasitas, Derajat kejenuhan, Waktu tempuh rerata, Hambatan samping.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Apr 2013 09:28
Last Modified: 03 May 2013 13:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item View Item