“THEORY OF CONSTRAINT DALAM MANAJEMEN KONSTRUKSI KHUSUSNYA DI BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN PERUMAHAN DI YOGYAKARTA”

NAINGGOLAN, DENDI HANDEKA (2012) “THEORY OF CONSTRAINT DALAM MANAJEMEN KONSTRUKSI KHUSUSNYA DI BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN PERUMAHAN DI YOGYAKARTA”. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS12889.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS12889.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2TS12889.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (Bab III)
3TS12889.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS12889.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5TS12889.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Pembangunan di sektor perumahan memperlihatkan perkembangan yang pesat. Perkembangan yang pesat menimbulkan persaingan tersendiri bagi perusahaan konstruksi. Untuk dapat bertahan ditengah pasar yang selalu berubah dengan pesat, maka perusahaan harus dapat menghadapi tantangan tersebut dengan memperbaiki kinerja perusahaan dengan meningkatkan kemampuan sumber daya yang dimiliki perusahaan. Jika hendak memperbaiki kinerjanya, suatu perusahaan harus terlebih dahulu mengetahui kendala-kendala yang ada dalam perusahaan itu. Kendala-kendala dalam perusahaan dapat diatasi dengan menggunakan theory of constraint. Dalam penelitian ini penulis membagikan dua kuisioner. kuisioner pertama berisi tentang kendala-kendala dalam perusahaan dan kuisioner kedua berisi tentang jenis perbaikan yang dilakukan perusahaan. Untuk dapat mengetahui kendala-kendala dalam perusahaan, penulis membagikan kuisioner yang berisi kendala-kendala yang ada dalam pembangunan perumahan kepada 6 perusahaan konstruksi yang bergerak dalam bidang pembangunan perumahan yang ada di Yogyakarta. Penulis menggunakan analisa deskriptif. Analisa deskriptif yang digunakan adalah mean dan standar deviasi. Dengan melihat nilai mean yang terbesar dari setiap jenis kendala, merupakan kendala-kendala yang sering terjadi dalam perusahaan itu. Sedangkan untuk mengetahui jenis perbaikan apakah dalam bidang manajemen, mutu, kuantitas atau waktu, penulis menggunakan analisa frekuensi. Frekuensi yang terbesar dari semua jenis perbaikan merupakan perbaikan yang harus dilakukan dalam perusahaan konstruksi. Dari penelitian yang penulis lakukan, terdapat beberapa kendala yang paling sering muncul didalam proses pembangunan perumahan. Kendala-kendala itu adalah waktu pelaksanaan proyek yang tidak sesuai dengan estimasi jadwal/schedule dengan nilai mean 2,828, Akses menuju lokasi padat penduduk/pengendara dengan nilai mean 2,793 dan pengiriman material sering terlambat sehingga menghambat jalannya pelaksanaan konstruksi dengan nilai mean 2,758. Sedangkan jenis perbaikan yang dilakukan perusahaan adalah 234 frekuensi yang memilih perbaikan dalam bidang manajemen, 83 frekuensi yang memilih perbaikan dalam bidang mutu, 64 frekuensi yang memilih perbaikan dalam bidang kuantitas dan 31 frekuensi yang memilih perbaikan dalam bidang waktu. Hal ini menunjukkan bahwa perbaikan yang dilakukan perusahaan adalah perbaikan dalam bidang manajemen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: theory of constraint, mean, frekuensi, kendala dan perbaikan perusahaan konstruksi
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Apr 2013 10:11
Last Modified: 03 May 2013 13:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item View Item