Pengembangan Alat Bantu Rehabilitasi Pasien Pascastroke Berbasis Virtual Reality

Nugroho, Kristanto Agung and ., Herianto (2016) Pengembangan Alat Bantu Rehabilitasi Pasien Pascastroke Berbasis Virtual Reality. Jurnal Teknik Industri, XI (1). pp. 45-52. ISSN 1907-1434

[img] Text
TI_Jurnal JATI.pdf

Download (10MB)

Abstract

Stroke adalah penyakit yang mematikan karena dapat menyebabkan kecacatan dan kematian pada pasien. Makalah ini melaporkan penelitian membuat game virtual reality untuk rehabilitasi menggunakan sensor Kinect sebagai pengontrol. Pengembangan game dimulai dengan menentukan kebutuhan atribut konsumen dari wawancara dan observasi dengan fisioterapis dan pasien. Tes menggunakan metode thinking aloud, kuesioner, dan wawancara. Hasilnya adalah sebuah software game yang diberi judul Jaka Sembuh, game terdiri dari kode pemrograman dan graphical user interface (GUI) untuk membantu rehabilitasi pasien bagian ekstremitas atas (upper limb). Game memiliki unsur-unsur dramatis seperti: tantangan, play, premis, karakter dan cerita. Pengujian usabilitas dan flow menunjukkan bahwa game dapat digunakan untuk membantu rehabilitasi dengan baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: stroke, virtual reality, game, rehabilitasi, kinect
Subjects: Teknik Industri > Sistem Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 May 2016 08:55
Last Modified: 02 May 2016 08:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9277

Actions (login required)

View Item View Item