Pengembangan Aplikasi Berbasis RFID untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Anak TK

Anindito, Kusworo and Julianto, Eddy Pengembangan Aplikasi Berbasis RFID untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Anak TK. [Research]

[img] Text
Laporan-Pengembangan Aplikasi Berbasis RFID.pdf

Download (849Kb)

Abstract

Ketrampilan berbahasa Inggris sudah menjadi tuntutan di masa kini. Bahasa Inggris bahkan sudah diperkenalkan dari usia dini. Tentu saja penyampaiannya kepada anak-anak harus disesuaikan. Anak-anak cenderung mempelajari sesuai dengan permainan atau animasi yang menarik perhatiannya. Anak-anak dikenalkan dengan bahasa Inggris dengan cara mengenai nama-nama benda yang ada di sekitar mereka. RFID merupakan teknologi yang sudah lama digunakan untuk berbagai kebutuhan, misalnya sebagai pengenal barang kiriman, pengganti barcode di toko, alat pelacak piaraan, kartu kredit, barang di museum, dan sebagainya. RFID ini ukurannya kecil, bisa dikenai operasi baca dan tulis berkali-kali, pembacaan cepat (100 mdetik), dan tidak perlu kontak langsung saat mengakses. Penelitian ini mengembangkan aplikasi pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak dengan cara mengenalkan nama-nama benda dan anggota tubuh. Anak-anak diberi kartu bergambar yang di dalamnya terdapat RFID, lalu diminta untuk menyebutkan gambar tersebut dalam bahasa Inggris. Kartu ditempelkan ke RFID reader untuk mengetahui jawaban. Saat kartu ditempelkan (tapping), aplikasi akan menampilkan jawaban berupa suara dan animasi mengenai gambar tersebut. Setelah mempelajari nama benda atau anggota tubuh tersebut, mereka juga dapat memainkan game dengan cara menempelkan kartu bergambar sesuai dengan suara yang dimainkan saat itu. Pemain yang paling banyak menjawab dengan benar dalam selang waktu tertentu akan menjadi pemenangnya.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Bahasa Inggris, RFID.
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 May 2016 13:32
Last Modified: 02 May 2016 13:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9304

Actions (login required)

View Item View Item