Rizky Saptani Pr., Rr. E. Livia (2009) Penentuan Nilai Tukar Rupiah dengan Menerapkan Konsep Paritas Daya Beli Relatif Periode 2003:1 - 2007:12. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0EP14381.pdf Download (386kB) |
|
Text (Bab I)
1EP14381.pdf Download (298kB) |
|
Text (Bab II)
2EP14381.pdf Download (353kB) |
|
Text (Bab III)
3EP14381.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
Text (Bab IV)
4EP14381.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
|
Text (Bab V)
5EP14381.pdf Download (661kB) |
Abstract
Seiring dengan meningkatnya perdagangan internasional maka penggunaan valuta asing sebagai alat pembayaran juga semakin meningkat. Nilai suatu komoditi dalam perdagangan internasional di Indonesia ditentukan dalam satuan mata uang Rupiah sebagai mata uang luar negeri, sehingga nilai tukar Rupiah terhadap dolar atau valuta asing lainnya menjadi alat penting dalam perdagangan internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbandingan nilai tukar rupiah Indonesia terhadap dolar Amerika dengan menggunakan konsep teori paritas daya beli relatif periode 2003:1-2007:12. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan alat analisis OLS (Ordinary Least Square) Regresi Log Linier. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa hasil regresi tidak menolak H0 dimana DLCPIINDO dan DLCPIUSA memepengaruhi nilai tukar rupiah dan mempunyai hubungan yang signifikan dengan nilai tukar. Hal itu ditunjukkan dengan CPI keduanya terdeferensial. Jika inflasi naik terus makan orang akan melakukan substitusi mata uang dimana mereka akan menjual rupiah dan membeli dolar, demikian juga sebaliknya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPP relatif, nilai tukar, DLCPIINDO, DLCPIUSA |
Subjects: | Ilmu Ekonomi > Perdagangan Keuangan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 20 May 2016 11:22 |
Last Modified: | 20 May 2016 11:22 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9416 |
Actions (login required)
View Item |