OBJEKTIVITAS PEMBERITAAN KASUS POSTING PATH FLORENCE SIHOMBING PADA PORTAL ONLINE HARIANJOGJA.COM DAN TRIBUNJOGJA.COM (Studi Analisis Isi Kuantitatif Objektivitas Pemberitaan Posting Path Florence Sihombing pada Portal Online Harianjogja.com dan Tribunjogja.com periode 28 Agustus 2014-28 April 2015)

Nindya Paramita, Aloysia (2015) OBJEKTIVITAS PEMBERITAAN KASUS POSTING PATH FLORENCE SIHOMBING PADA PORTAL ONLINE HARIANJOGJA.COM DAN TRIBUNJOGJA.COM (Studi Analisis Isi Kuantitatif Objektivitas Pemberitaan Posting Path Florence Sihombing pada Portal Online Harianjogja.com dan Tribunjogja.com periode 28 Agustus 2014-28 April 2015). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM04384.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
1KOM04384.pdf

Download (780kB)
[img] Text (Bab II)
2KOM04384.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM04384.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB)
[img] Text (Bab IV)
4KOM04384.pdf

Download (1MB)

Abstract

Posting Path Florence Sihombing yang dianggap menghina Jogja akhirnya berbuntut panjang dan menjadi pemberitaan di media massa. Bermula dari Florence Sihombing yang hendak mengisi Pertamax 95 di SPBU Lempuyangan pada 27 Agustus 2014. Florence mengendarai sepeda motor Scoopy menyelonong di antrean mobil. Florence ditegur oleh TNI yang sedang berjaga dan diminta untuk kembali ke antrean jalur motor. Florence Sihombing menumpahkan kekesalannya di akun Path miliknya. Posting Pathnya mendapat reaksi negatif dari sejumlah komunitas dan melaporkannya ke Polda DIY. Selanjutnya, Florence Sihombing menjalani proses hukum yang dianggap melanggar UU ITE. Upaya damai juga dilakukan oleh pihak UGM, Sri Sultan HB X, GKR Hemas sebagai mediator. Penelitian ini, peneliti membahas sejauh mana objektivitas pemberitaan posting Path Florence Sihombing pada portal online Harianjogja.com dan Tribunjogja.com. Portal online tersebut berada di Jogjakarta secara intens memberitakan peristiwa tersebut. Objektivitas melihat bagaimana kualitas informasi yang dilihat dari dua dimensi faktualitas dan imparsialitas. Pemilihan media online karena merupakan media penyampai informasi tercepat. Media ini apakah memiliki kecenderungan mengesampingkan kaidah jurnalistik demi menaikkan jumlah pembaca atau sebaliknya. Peneliti meneliti 64 berita dari Harianjogja.com dan 83 berita dari Tribunjogja.com pada periode 28 Agustus 2014-28 April 2015. Hasil penelitian sejauh mana objektivitas Harianjogja,com dan Tribunjogja.com termasuk dalam kategori tinggi. Hal tersebut diketahui dari 11 sub unit analisis yang digunakan, yakni: faktualitas, akurasi, completeness, relevansi, non-evaluatif, non-sensational, stereotype, juxtaposition, linkages, equal access, dan even handed evaluation. Terdapat sembilan kategori yang memenuhi syarat objektif. Unit analisis yang tidak terpenuhi adalah equal access, yakni Harianjogja.com dan Tribunjogja.com pada pemberitaan posting Path Florence Sihombing lebih menonjolkan tipe peliputan yang memuat satu sisi. Pada even handed evaluation hanya memuat unsur negatif atau positif saja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Objektivitas, posting Path Florence Sihombing, Harianjogja.com, Tribunjogja.com
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 May 2016 12:06
Last Modified: 23 May 2016 12:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9428

Actions (login required)

View Item View Item