BIKERS DAN PERILAKU KONSUMEN (Studi Deskriptif Kualitatif Perilaku Konsumen Anggota Bali Street Bikers Community di dalam Komunitas Motor Sport “Bali Street Bikers Community”)

VERONA, DEANNA (2015) BIKERS DAN PERILAKU KONSUMEN (Studi Deskriptif Kualitatif Perilaku Konsumen Anggota Bali Street Bikers Community di dalam Komunitas Motor Sport “Bali Street Bikers Community”). S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengguna motor sport di Indonesia kini kian meningkat. Hal ini diperoleh dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang menunjukkan peningkatan penjualan motor sport dari tahun 2012 sampai dengan 2014. Fenomena tersebut memunculkan adanya persaingan antar produsen merek motor sport dan semakin banyak bermunculan komunitas motor sport yang salah satunya adalah komunitas motor sport Bali Street Bikers Community. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku anggota BSBC terhadap merek motor sport. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk memaparkan suatu peristiwa atau situasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang berguna untuk membantu peneliti memahami fenomena yang dirasakan subjek sebagaimana adanya dan untuk melengkapi hasil penelitian ini, peneliti memilih narasumber pertama adalah pengguna motor sport Honda CBR 150 R, yang kedua pengguna motor sport Kawasaki Ninja 250 FI dan yang ketiga pengguna Yamaha R15 yang tergabung di dalam komunitas BSBC. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang diperoleh dari data primer yakni melalui in-depth interview dan data sekunder melalui observasi yang dilakukan oleh peneliti. Teknik Analisis data dalam penelitian ini bersifat interaktif dengan model analisis. Adapun hasil penelitian ini adalah setelah konsumen melakukan pembelian produk dan merasa puas dengan produk (perilaku konsumen) dengan brand image yang kuat maka akan menciptakan loyalitas konsumen. Kemudian, dalam penelitian ini menemukan fakta bahwa anggota komunitas BSBC cenderung memilih merek motor sport Honda karena Honda memiliki brand image yang sangat kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumen, brand image, komunitas motor sport
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 May 2016 08:25
Last Modified: 10 Jun 2016 12:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9454

Actions (login required)

View Item View Item