PENGGUNAAN NEW MEDIA SEBAGAI STRATEGI BRANDING KELOMPOK MUSIK ENDANK SOEKAMTI (Studi Deskriptif Atas Proses Promosi Album "Angka 8" Endank Soekamti Di Luar Keterlibatan Label Rekaman Besar)

JUWITA, SHINTYA ROSA (2015) PENGGUNAAN NEW MEDIA SEBAGAI STRATEGI BRANDING KELOMPOK MUSIK ENDANK SOEKAMTI (Studi Deskriptif Atas Proses Promosi Album "Angka 8" Endank Soekamti Di Luar Keterlibatan Label Rekaman Besar). S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi terutama new media baik berupa website yang lebih interaktif dan makin berkembang dan berragamnya media sosial yang ada, pada awal-awal kemunculannya dirasakan sebagai ancaman bagi industri musik karena kepraktisan, kecepatan, dan kemudahan yang dimiliki new media seolah makin mempermudah kegiatan-kegiatan pembajakan karya-karya para mUSlSl. Meskipun label-label besar melakukan inovasi mengantisipasi pembajakan tersebut, namun tetap dirasakan sukar untuk menjual produk-produk rekaman fisik berupa album. Sehingga label besar lebih gemar menjual single dan ring back tone yang dianggap jauh lebih menguntungkan. Namun di kondisi itu, Endank Soekamti, sebuah band indie label berhasil melakukan penjualan fisik album "Angka 8" mereka berupa 5.000 boxset seharga Rp. 225.000 - Rp. 250.000 perbuah. Strategi branding dengan menggunakan kanal-kanal sosial media yang belum pemah dilakukan oleh para musisi, sehingga karenanya para penggemar Endak Soekamti telah mengenal dan ingin memiliki album tersebut bahkan di waktu sebelum album tersebut jadi dan dirilis, adalah faktor utama suksesnya penjualan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: branding, strategi branding, new media, media sosial, industri musik, indie label
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 May 2016 12:54
Last Modified: 10 Jun 2016 12:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9475

Actions (login required)

View Item View Item