JUWITA, SHINTYA ROSA (2015) PENGGUNAAN NEW MEDIA SEBAGAI STRATEGI BRANDING KELOMPOK MUSIK ENDANK SOEKAMTI (Studi Deskriptif Atas Proses Promosi Album "Angka 8" Endank Soekamti Di Luar Keterlibatan Label Rekaman Besar). .. pp. 1-12.
Text (Jurnal Komunikasi)
E-Journal.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi khususnya new media pada awal-awal kemunculannya dirasakan sebagai ancaman bagi industri musik karena seolah makin mempermudah kegiatan-kegiatan pembajakan karya-karya para musisi, sehingga memperkecil angka penjualan fisik rekaman musik mereka. Namun di kondisi itu, Endank Soekamti, sebuah band indie label beraliran pop-punk berhasil melakukan penjualan fisik album “Angka 8” mereka berupa 5.000 boxset seharga Rp. 225.000 – Rp. 250.000 perbuah. Tulisan ini akan mendeskripsikan bagaimana strategi branding yang dilakukan Endank Soekamti menggunakan kanal-kanal sosial media yang belum pernah dilakukan oleh para musisi sebelumnya, yang mampu membuat para penggemar Endak Soekamti mengenal dan ingin memiliki album “Angka 8” tersebut bahkan di waktu sebelum album tersebut jadi dan dirilis
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi branding, new media, media sosial, industri musik |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 25 May 2016 13:00 |
Last Modified: | 25 May 2016 13:00 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9476 |
Actions (login required)
View Item |