PENGGUNAAN NEW MEDIA SEBAGAI STRATEGI BRANDING KELOMPOK MUSIK ENDANK SOEKAMTI (Studi Deskriptif Atas Proses Promosi Album "Angka 8" Endank Soekamti Di Luar Keterlibatan Label Rekaman Besar)

JUWITA, SHINTYA ROSA (2015) PENGGUNAAN NEW MEDIA SEBAGAI STRATEGI BRANDING KELOMPOK MUSIK ENDANK SOEKAMTI (Studi Deskriptif Atas Proses Promosi Album "Angka 8" Endank Soekamti Di Luar Keterlibatan Label Rekaman Besar). .. pp. 1-12.

[img] Text (Jurnal Komunikasi)
E-Journal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi khususnya new media pada awal-awal kemunculannya dirasakan sebagai ancaman bagi industri musik karena seolah makin mempermudah kegiatan-kegiatan pembajakan karya-karya para musisi, sehingga memperkecil angka penjualan fisik rekaman musik mereka. Namun di kondisi itu, Endank Soekamti, sebuah band indie label beraliran pop-punk berhasil melakukan penjualan fisik album “Angka 8” mereka berupa 5.000 boxset seharga Rp. 225.000 – Rp. 250.000 perbuah. Tulisan ini akan mendeskripsikan bagaimana strategi branding yang dilakukan Endank Soekamti menggunakan kanal-kanal sosial media yang belum pernah dilakukan oleh para musisi sebelumnya, yang mampu membuat para penggemar Endak Soekamti mengenal dan ingin memiliki album “Angka 8” tersebut bahkan di waktu sebelum album tersebut jadi dan dirilis

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: strategi branding, new media, media sosial, industri musik
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 May 2016 13:00
Last Modified: 25 May 2016 13:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9476

Actions (login required)

View Item View Item