LARASATI, ANASTASYA (2015) PENGELOLAAN DIGITAL MADING DALAM MENGOMUNIKASIKAN PROGRAM KDI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KARYAWAN MNCTV. S1 thesis, UAJY.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam menjalin relasi, suatu organisasi tidak hanya menjalin relasi yang berkesinambungan dengan publik eksternalnya saja namun juga dengan publik internal mereka yakni karyawan dan manajemen perusahaan. Untuk itulah perusahaan harus mengelola dengan baik hubungan dengan karyawan mereka melalui komunikasi yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang perusahaan lewat media internal perusahaan. Media internal perusahaan tersebut harus dikelola secara optimal agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. Penelitian ini ingin melihat pengelolaan yang dilakukan internal communications MNCTV pada digital mading untuk mengomunikasikan tentang program tayangan KDI kepada karyawan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan karyawan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam kepada internal communications MNCTV dan beberapa karyawan MNCTV. Teknik analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yakni uji trustworthiness melalui authenticity agar informan dapat memberikan pemahaman secara mendalam, setelah itu dilakukan trianggulasi data dimana data-data yang telah diperoleh kemudian diuji kebenarannya dengan data-data lain sebagai pendukung. Kemudian dilakukan intersubjectivity agreement untuk menemukan titik temu data-data yang ada dan dilanjutkan dengan conscientization untuk memaknai data dan mengaitkannya dengan teori yang digunakan dalam penelitian ini. Setelah dilakukan penelitian, maka didapatkan hasil bahwa internal communications melakukan pengelolaan pada digital mading untuk mengomunikasikan program tayangan KDI kepada karyawan secara terperinci dari mulai proses perencanaan yakni rapat koordinasi untuk membahas materi secara detail, dilanjutkan dengan pembagian tugas untuk mencari materi yang kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan dimana materi akhirnya bisa ditampilkan dalam digital mading. Setelah itu dilakukan pengawasan pada digital mading jika terdapat kesalahan atau pergantian informasi dengan yang lebih baru. Terakhir ditutup dengan evaluasi dari semua proses yang telah dilalui untuk melihat kekurangan dan cara memperbaikinya. Pengelolaan yang optimal dan isi materi yang menarik membuat pengetahuan karyawan tentang KDI semakin bertambah melalui digital mading
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, digital mading, meningkatkan pengetahuan |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 26 May 2016 08:36 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 12:16 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9482 |
Actions (login required)
View Item |