SIANIPAR, MICHAEL FRANS AGUS HASIHOLAN (2015) OPINI MASYARAKAT PADUKUHAN KALIWARU PADA PROYEK PEMBANGUNAN HARTONO MALL YOGYAKARTA. .. pp. 1-15.
Text (Jurnal Komunikasi)
JURNAL.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana opini masyarakat Padukuhan Kaliwaru pada proyek pembangunan Hartono Mall Yogyakarta. Hartono Mall Yogyakarta merupakan salah satu mall terbaru dan terbesar di Jawa Tengah yaitu seluas 6,2 hektar. Hartono Mall Yogyakarta dibangun ditengah-tengah pemukiman warga Padukuhan Kaliwaru dan berbatasan langsung dengan daerah Padukuhan Kaliwaru. Warga Padukuhan Kaliwaru merupakan bagian dari publik Hartono Mall Yogyakarta. Seorang public relations sebagai jembatan komunikasi dengan publik sekitar harus dapat menciptakan dan mengembangtumbuhkan suatu opini publik yang baik di masyarakatnya, karena opini yang baik maka baik pula citra perusahaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survei deskriptif. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai pengumpulan informasi dan data dari masyarakat. Subyek penelitian ini adalah para warga Padukuhan Kaliwaru yang terkena dampak proyek pembangunan secara langsung yaitu sebanyak 107 keluarga. Peneliti menggunakan Statistical Package for The Social Science (SPSS) untuk mengolah data hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah adanya tidak setuju dan setuju dari responden hal itu ditunjukkan dengan hasil mean dari distribusi frekuensi yang diolah peneliti dengan menggunakan SPSS. Warga Padukuhan Kaliwaru merasa tidak setuju terhadap informasi yang diberikan tentang proyek pembangunan, namun pada hasil mean di tiga dimensi yang lain menunjukkan bahwa responden merasas setuju terhadap pembangunan tersebut baik dari segi dukungan social intensitas dan stabilitas. Meski responden setuju masih ada beberapa bagian kecil yang tidak disetujui oleh para responden. Seorang public relations tentunya tidak hanya melihat hasil data akhir saja, tetapi juga memperhatikan data-data sebelumnya juga. Opini publik sebagai salah satu aktivitas yang dilaksanakan oleh seorang public relations tentunya tidak akan pernah lepas dari munculnya opini publik. Sebab opini publik merupakan gambaran perusahaan dimata masyarakat
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Publik, Opini Publik, Public Relations, Citra |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 26 May 2016 11:51 |
Last Modified: | 26 May 2016 11:51 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9495 |
Actions (login required)
View Item |