FRANTONO, ADELA NATALIA (2015) PERSEPSIAUDIENCE TENTANGATRIBUTLAY ENDORSER PADA IKLAN TV (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Persepsi Audience tentang AtributLay Endorser pada Iklan TV Dove Whitening Original Deodorant Periode April-Juni 2015 pada Kalangan Ibu Rumah Tangga di Wilayah Kota Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.
Full text not available from this repository.Abstract
Endorser sering dianggap sebagai salah satu faktor penting keberhasilan suatu iklan karena seorang endorser merupakan komunikatoryang menyampaikan pesan iklan kepada konsumen. Peneliti tertarik meneliti persepsi dari sudut pandang audiencemengenai atribut lay endorser dalam sebuah iklan deodoran Dove. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi ibu rumah tangga di wilayah kota Yogyakarta mengenai atribut lay endorser pada iklan deodoran Dove periode April-Juni 2015. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini terkait dengan teori elaboration likelihood model dimana ibu rumah tangga ketika menonton iklan deodoran Dove akan memperoleh informasi. Para ibu rumah tangga akan memproses informasi yang diterimanya, mereka akan memilih salah satu dari dua jalur persuasi. Ketika informasi diproses melalui salah satu rute tersebut maka akan menciptakan persepsi. Narasumber penelitan adalah ibu rumah tangga yang dibedakan menjadi dua yaitu ibu rumah tangga bekerja dan ibu rumah tangga tidak bekerja. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan obervasi. Hasil dari penelitian ini berupa narasi yang menceritakan persepsi ibu rumah tangga sebagai narasumber tentang lay endorser deodoran Dove. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti menemukan bahwa atribut daya tarik lay endorser menjadi atribut yang paling menonjol diantara atribut yang lain.Persepsi ibu rumah tangga tentang lay endorser deodoran Dove selain cantik dan menarik juga memiliki cara penyampaian pesan yang baik sehingga mampu membuat narasumber percaya akan isi pesan yang disampaikan. Lay endorser deodoran Dove juga dianggap mampu menjalin kedekatan emosional dengan narasumber. Penelitian mengenai persepsi audiencetentang atribut lay endorser dalam iklan televisi ini menyimpulkan bahwa atribut daya tarik sangat menonjol dalam pembentukan persepsi narasumber dan komunikator seperti lay endorser memiliki peranan yang penting dalam proses penyampaian pesan karena selain berfungsi sebagai opinion leader komunikator juga berfungsi sebagai representasi dari produk yang diiklankan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Audience, Iklan TV, Lay Endorser |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 27 May 2016 08:21 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 12:03 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9502 |
Actions (login required)
View Item |