Prakosa, Marselinus Andi (2015) Efektivitas Iklan Dengan Endorser JKT48 Berdasarkan Elemen - Elemen Jingle Iklan. .. pp. 1-10.
Text (Jurnal Komunikasi)
JURNAL.pdf Restricted to Registered users only Download (706kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengukur efektivitas iklan televisi dengan endorser JKT48 berdasarkan elemen memorability, meaningfulness, likability, adaptability, protectability. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian eksperimental. Responden dari kelompok eksperimen merupakan mahasiswa UAJY angkatan 2015 dari berbagai fakultas berjumlah 20 orang. Obyek penelitian ini adalah 3 jingle iklan yang ketiganya dibintangi oleh JKT48. Jingle iklan itu diantaranya; jingle iklan Pocari Sweat versi “Heavy Rotation”, jingle iklan Yamaha Mio J versi “Aitakatta”, jingle iklan Yoghurt Cimory versi JKT48. Jingle iklan Pocari Sweat yang paling efektif dibandingkan jingle iklan Yamaha Mio J dan Pocari Sweat karena jingle iklan Pocari Sweat efektif dalam 3 elemen yaitu likability, adaptability, dan protectability. Sedangkan jingle iklan Yamaha Mio J efektif dalam elemen memorability, jingle iklan Yoghurt Cimory efektif dalam elemen meaningfulness.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jingle, Endorser, Efektivitas |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 27 May 2016 09:00 |
Last Modified: | 27 May 2016 09:01 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9506 |
Actions (login required)
View Item |