Proses Pembentukan Brand Image Melalui Event “Freedom of Nggambleh” (Studi Deskriptif kualitatif tentang Proses Pembentukan Brand Image Djendelo Koffie di Benak Konsumen Melalui Stand Up Comedy Event “Freedom of Nggambleh)

Bernardo, Patricia Esmiralda (2015) Proses Pembentukan Brand Image Melalui Event “Freedom of Nggambleh” (Studi Deskriptif kualitatif tentang Proses Pembentukan Brand Image Djendelo Koffie di Benak Konsumen Melalui Stand Up Comedy Event “Freedom of Nggambleh). .. pp. 1-17.

[img] Text (Jurnal Komunikasi)
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1029Kb)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari konsumen yang memberikan penilaian terhadap brand image Djendelo Koffie. Brand image didefinisikan sebagai jumlah dari gambaran-gambaran, kesan-kesan yang dimiliki oleh seseorang terhadap subyek. Kesan yang diterima konsumen melalui event “Freedom of Nggambleh” membentuk persepsi image Djendelo Koffie. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan brand image dalam event “Freedom of Nggambleh” oleh konsumen dan mengetahui apakah citra yang terbentuk melalui event “Freedom of Nggambleh” sesuai dengan citra yang diharapkan pihak Djendelo Koffie. Berangkat dari penelitian beberapa teori digunakan untuk menganalisa hasil temuan seperti penggunaan teori; komunikasi, komunikasi pemasaran, event and experience, dan brand image. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah lima narasumber yaitu; konsumen, calon konsumen, konsumen pelanggan tetap, anggota komunitas, dan penggemar event. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian telah ditemukan bahwa proses pembentukan brand image Djendelo Koffie melalui event “Freedom of Nggambleh” terjadi ketika konsumen mendapatkan pengalaman melihat, perasaan, berpikir, bertindak , dan terlibat dalam event. Pengalaman konsumen memberikan image Djendelo Koffie sebagai kafe komunitas “Freedom of Nggambleh”, nyaman, sederhana, tradisional, dan unik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah proses pembentukan brand image Djendelo Koffie oleh konsumen melalui proses pengalaman indrawi melihat, perasaan, berpikir, bertindak, dan terlibat 2 dalam event. Brand image juga mengarahkan pada persepsi konsumen yang mendapatkan pengalaman dalam proses pembentukan kesan yang melibatkan perhatian, pemahaman, dan penilaian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: image, proses pembentukan brand image, event “Freedom of Nggambleh” pengalaman konsumen
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 May 2016 09:30
Last Modified: 27 May 2016 09:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9509

Actions (login required)

View Item View Item