PERSEPSI IBU DAN ANAK TERHADAP PENGGUNAAN DIKSIPADA IKLAN PROVIDER DI TELEVISI (Studi Deskriptif Kualitatif mengenai Persepsi Ibu Rumah Tangga dan Anaknya di Kecamatan Pakualaman Yogyakarta terhadap Penggunaan Diksipada Tayangan Iklan 3 Indie+ versi “Jadi Orang Gede Menyenangkan Tapi Susah Dijalanin”)

PRATIWI, HERDINA DIAH (2015) PERSEPSI IBU DAN ANAK TERHADAP PENGGUNAAN DIKSIPADA IKLAN PROVIDER DI TELEVISI (Studi Deskriptif Kualitatif mengenai Persepsi Ibu Rumah Tangga dan Anaknya di Kecamatan Pakualaman Yogyakarta terhadap Penggunaan Diksipada Tayangan Iklan 3 Indie+ versi “Jadi Orang Gede Menyenangkan Tapi Susah Dijalanin”). S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan bahasa dalam dunia periklanan belakangan ini mulai menimbulkan masalah, muncul fenomena kebahasaan yang unik dalam penggunaan dan pemilihan kata-kata menarik untuk mengiklankan suatu produk sebagai bahasa iklan komunikatif. Dalam komunikasi iklan di televisi, penggunaan diksi juga sangat diperlukan agar pemirsa tidak salah mengartikan iklan itu. Sebuah iklan diciptakan untuk dapat menggiring pola pikir dan atau tindakan yang diharapkan oleh pembuat iklan. Penggunaan diksi pada iklan provider 3 Indie+ unik dan beragam karena menggunakan gaya bahasa, bermakna konotasi dan denotasi serta bersifat persuasif. Ternyata penggunaan bahasa dengan penggunaan diksi yang unik dan persuasif itu oleh anak-anak dalam iklan Provider 3 Indie+ menimbulkan persepsi yang berbeda sehingga bersifat kontroversial bagi pemirsanya. Selain pemirsa anak-anak, pemirsa orang tua anak terutama ibu juga mempersepsikannya secara berbeda. Hal ini terjadi karena persepsi dipengaruhi oleh pengalaman individu yang berbeda.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi, penggunaan diksi
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 May 2016 12:14
Last Modified: 10 Jun 2016 11:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9516

Actions (login required)

View Item View Item