PRATIWI, HERDINA DIAH (2015) PERSEPSI IBU DAN ANAK TERHADAP PENGGUNAAN DIKSI PADA IKLAN PROVIDER DI TELEVISI (Studi Deskriptif Kualitatif mengenai Persepsi Ibu Rumah Tangga dan Anaknya di Kecamatan Pakualaman Yogyakarta terhadap Penggunaan Diksipada Tayangan Iklan 3 Indie+ versi “Jadi Orang Gede Menyenangkan Tapi Susah Dijalanin”). .. pp. 1-13.
Text (Jurnal Komunikasi)
Jurnal.pdf Restricted to Registered users only Download (835kB) |
Abstract
Penggunaan bahasa dalam dunia periklanan belakangan ini mulai menimbulkan masalah, muncul fenomena kebahasaan yang unik dalam penggunaan dan pemilihan kata-kata menarik untuk mengiklankan suatu produk sebagai bahasa iklan komunikatif. Dalam komunikasi iklan di televisi, penggunaan diksi juga sangat diperlukan agar pemirsa tidak salah mengartikan iklan itu. Sebuah iklan diciptakan untuk dapat menggiring pola pikir dan atau tindakan yang diharapkan oleh pembuat iklan. Penggunaan diksi pada iklan provider 3 Indie+ unik dan beragam karena menggunakan gaya bahasa, bermakna konotasi dan denotasi serta bersifat persuasif. Ternyata penggunaan bahasa dengan penggunaan diksi yang unik dan persuasif itu oleh anak-anak dalam iklan Provider 3 Indie+ menimbulkan persepsi yang berbeda sehingga bersifat kontroversial bagi pemirsanya. Selain pemirsa anak-anak, pemirsa orang tua anak terutama ibu juga mempersepsikannya secara berbeda. Hal ini terjadi karena persepsi dipengaruhi oleh pengalaman individu yang berbeda
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi, penggunaan diksi, iklan provider, anak. |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 27 May 2016 12:19 |
Last Modified: | 27 May 2016 12:19 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9517 |
Actions (login required)
View Item |