REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM FOTO IKLAN ROKOK (Studi Deskriptif Kulitatif Foto Iklan Rokok Marlboro Country Menggunakan Semiotika Menurut Roland Barthes)

Putra, Ryan Ericko Sukismo (2015) REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM FOTO IKLAN ROKOK (Studi Deskriptif Kulitatif Foto Iklan Rokok Marlboro Country Menggunakan Semiotika Menurut Roland Barthes). S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rokok Marlboro merupakan salah satu barang konsumsi pasar yang sudah dikenal sejak puluhan tahun. Banyaknya produsen rokok membuat tingkat persaingan antar brand atau merek pun tidak terhindar, oleh karena itu tiap pemilik merek mulai memberikan diferensiasi bagi merek mereka. Penelitian ini menggunakan teori semiotika menurut Roland Barthes yang merupakan suatu pedoman terdiri dari dua langkah semiologi untuk menentukan arti dari tandatanda yang disampaikan melalui foto; menciptakan paradigma merek dan mendapatkan keunggulan kompetitif yang terus menerus. Melalui proses tersebut dapat ditarik makna perlambangan/representasi maskulinitas yang terdapat dalam foto Iklan Rokok Marlboro Country. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi maskulinitas dalam foto iklan Rokok Marlboro Country. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu untuk melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik representasi maskulinitas dimana peneliti bertindak sebagai pengamat, membuat kategori representasi maskulinitas pada foto iklan, mengamati fakta dalam foto iklan dan mencatatnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dari objek penelitian. Objek penelitian tersebut adalah dua foto iklan Rokok Marlboro Country. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa representasi maskulinitas disampaikan melalui objek yang terkandung dalam foto. Selain objek yang terdapat pada foto, sisi fotografis memperkuat penyampaian representasi maskulinitas. Kecenderungan warna dalam foto serta susunan komposisi foto menjadi pembantu pemerkuat dari objek-objek yang disampaikan sebagai representasi maskulinitas. Objek foto seperti cowboy, kuda, latar belakang pemandangan, serta gambar bungkus rokok merupakan wahana bagi pesan maskulinitas yang ingin disampaikan. Gambar-gambar/objek-objek tersebut memiliki makna yang dapat diasosiasikan dengan makna maskulinitas itu sendiri. Selain itu warna dan komposisi foto yang terjadi membentuk mood maskulin pada kedua foto iklan Rokok Marlboro Country.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: semiotika Roland Barthes, foto Iklan Rokok Marlboro Country, representasi maskulinitas, cowboy, mood.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 May 2016 07:33
Last Modified: 10 Jun 2016 11:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9519

Actions (login required)

View Item View Item