PEMAHAMAN PELAJAR YOGYAKARTA TERHADAP BERITA DI MEDIA ONLINE (Studi Kualitatif Pemahaman Siswa dan Siswi Kelas XII SMA Pangudi Luhur Yogyakarta Terhadap Berita Berjudul “ABG Facebook Kena 5 Tahun” di Kompas.com)

Kusumo, Clara Dewi Laras (2015) PEMAHAMAN PELAJAR YOGYAKARTA TERHADAP BERITA DI MEDIA ONLINE (Studi Kualitatif Pemahaman Siswa dan Siswi Kelas XII SMA Pangudi Luhur Yogyakarta Terhadap Berita Berjudul “ABG Facebook Kena 5 Tahun” di Kompas.com). S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterbukaan dalam dunia maya membuat hampir tidak ada lagi rahasia pribadi. Kasus tentang menghilangnya beberapa remaja perempuan setelah berkenalan dan berpacaran dengan laki-laki yang dikenal melalui Facebook merupakan topik hangat pemberitaan di berbagai media dan memancing kasus-kasus lainnya ikut terkuak. Dengan media massa, manusia memenuhi kebutuhannya akan berbagai hal. Salah satunya dengan media online yang tergolong media paling baru. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pemahaman siswa dan siswi kelas XII SMA Pangudi Luhur Yogyakarta terhadap berita berjudul “ABG Facebook Kena 5 Tahun” di Kompas.com? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam pemahaman siswa-siswi kelas XII SMA Pangudi Luhur Yogyakarta terhadap berita online. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD). Hasil penelitian menemukan bahwa siswa dan siswi kelas XII SMA Pangudi Luhur Yogyakarta telah memahami isi berita yang berjudul “ABG Facebook Kena 5 Tahun” di Kompas.com. Mereka dapat menjabarkan kasus yang terjadi di dalam artikel berita tersebut, bahkan memberikan saran bagi remaja seusia mereka dalam menggunakan jejaring sosial dengan baik dan positif

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penyalahgunaan Facebook, Media Online
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 May 2016 12:32
Last Modified: 10 Jun 2016 11:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9537

Actions (login required)

View Item View Item