PUTRA, VICKI WIJAYA (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPERAN DALAM KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK TABUNGAN (Studi Deskriptif Terhadap Nasabah Dalam Memilih Tabungan Britama Junio di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan memilih tabungan Britama Junio di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi pemasaran, keputusan pembeli, marketing mix, Refrens group,dan juga memakai teori disonansi kognitif. Kelima teori ini sebagai penguat penelitian yang dilakukan. Peneliti menggunakan kelima teori di atas sebagai patokan dalam penelitian. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menekankan pada bagian observasi dan juga wawancara secara mendalam. Peneliti memilih lokasi di PT. Bank Rakyat Indonesia wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yang beralamatkan di jalan Cik Di Tiro no.3 Yogyakarta. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah nasabah yang menggunakan tabungan Britama Junio. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara secara mendalam. Penelitian yang berlangsung selama tiga bulan ini menghasilkan empat factor yang mempengaruhi keputusan memilih tabungan Britama Junio di Yogyakarta. Keempat factor tersebut adalah factor iklan, factor sales promotion, factor fasilitas, dan juga factor refrens group. Factor iklan mempengaruhi nasabah karena brosur yang menarik dan juga jingle Britama Junio yang mudah diingat. Faktor sales promotion mempengaruhi nasabah dengan tawaran hadiah dan juga cover yang bergambar karakter tokoh Superman, Twetty dan Tom & Jerry. Nasabah memperhitungkan bagaimana fasalitas yang dimiliki oleh Britama Junio, hal ini menjadi salah satu factor yang mempengaruhi pemilihan. Terakhir adalah factor refrens group yang mempengaruhi pemilihan produk Britama Junio. Refrens group berpengaruh besar terhadap pemilihan sebuah produk. Berdasarkan penelitian ini, peneliti memiliki saran sebagai berikut: a. event JRBL yang dipertahankan, karena event ini merupakan media yang efektif dalam penyampaian informasi. b. Penyampaian informasi hadiah yang didapatkan oleh nasabah belum maksimal, terbukti hanya satu narasumber yang paham dengan hadiah yang didapatkan setelah membuka tabungan Britama Junio c. Penambahan karakter tokoh, bukan hanya Superman, Twetty & Tom & Jerry.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 31 May 2016 08:47 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 11:01 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9544 |
Actions (login required)
View Item |