Pemilihan Varian Iklan Spot Pada Radio (Studi Pre-exxperimental Designs (nondesigns)Pemilihan Varian Iklan Spot Radio Pada Masyarakat Yogyakarta)

Setiaji, Yohanes Cahya (2015) Pemilihan Varian Iklan Spot Pada Radio (Studi Pre-exxperimental Designs (nondesigns)Pemilihan Varian Iklan Spot Radio Pada Masyarakat Yogyakarta). .. pp. 1-21.

[img] Text (Jurnal Komunikasi)
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Radio adalah salah satu media massa favorit terutama untuk masyarakat dengan tingkat mobilitas tinggi yang sibuk. Selain digunakan sebagai media penyampain informasi radio juga digunakan sebagai media beriklan yang cukup efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui varian iklan spot radio manakah yang paling disukai berdasarkan sikap pendengar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan treatment dan kuesioner. Analisis dilakukan dengan statistik deskriptif yaitu penyajian data melalui tabel, frekuensi, dan prosentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari ketiga varian iklan yang diteliti, nilai tertinggi iklan adalah iklan ketiga (iklan dialog) dengan nilai rata-rata sebesar 3.5450 . Penilaian mengenai iklan yang ditayangkan dalam sebuah radio terbagi menjadi 3 varian yaitu varian model gabungan, varian monolog dan varian dialog. Berdasarkan hasil penelitian yang paling banyak dipilih berdasarkan sikap pendengar adalah varian iklan dialog hal ini dikarenakan dari ketiga indikator yaitu kejelasan, kelincahan dan keanekaragaman, iklan dialog mendapatkan nilai sikap positif yang paling tinggi. Dibandingkan dengan varian iklan gabungan dan iklan monolog, varian iklan dialog lebih baik dalam penggunaan kata-kata dan kalimat yang efisien, penyusunan ide yang sistematis, ilustrasi, contoh-contoh, sound effect, dan dalam pemilihan humor, dilihat nilai yang diperoleh dari setiap indikator.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Iklan, Spot, Radio, Pre-experimenal
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:40
Last Modified: 01 Jun 2016 07:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9559

Actions (login required)

View Item View Item