Putro, Aditya Pratomo (2015) Faktor-faktor yang Berperan pada Konsumen dalam Proses Pengambilan Keputusan untuk Membeli Produk di Online Shop (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Faktor-faktor yang Berperan pada Konsumen dalam Proses Pengambilan Keputusan untuk Membeli Produk di LAZADA). .. pp. 1-13.
Text (Jurnal Komunikasi)
Jurnal Online.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
Abstract
Seseorang dalam kehidupannya selalu ditemukan dengan permasalahan yang mereka hadapi, salah satu permasalahan tersebut yakni adanya kebutuhan maupun keinginan. Seorang individu akan selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan atau sesuatu yang mereka inginkan, salah satunya yakni dengan membeli atau menggunakan suatu barang maupun jasa. Adanya perkembangan era yang baru maka cara pemenuhan kebutuhan maupun keinginan tersebut juga berbeda, salah satu contoh adanya perkembangan tersebut yakni pemenuhan kebutuhan melalui online shop. Online shop hadir untuk dengan menawarkan produk-produk guna mampu memenuhi kebutuhan maupun keinginan khalayak melalui jaringan internet yang pada era global ini semakin mudah diakses. Salah satu online shop yang ada di Indonesi yakni Lazada. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam proses pengambilan keputusan untuk membeli produk di online shop khususnya di Lazada. Proses pembelian atau penggunaan barang tersebut tidak serta merta terjadi begitu saja, pembelian termasuk dalam suatu proses pemgambilan keputusan sehingga terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi dan menentukan tindakan tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik interview untuk mengumpulkan informasi dari beberapa individu yang pernah bertransaksi dengan Lazada sehingga dapat diketahui beberapa faktor yang mempengaruhi mereka sehingga mereka mengambil keputusan untuk membeli produk di Lazada. Penelitian ini dalam mencari faktor-faktor yang berperan tersebut mengacu pada proses pengambilan keputusan melalui konsep Berkowitz, Kerin dan Rudelius. Konsep tersebut menjelaskan mengenai tahap-tahap dalam proses pengambilan keputusan pembelian, tahap tahap tersebut yakni tahap pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pengambilan keputusan pembelian dan evaluasi pasca pembelian. Melalui proses tersebut dapat diketahui beberapa faktor yang terdapat pada setiap tahap yang memeiliki peran untuk merangsang seseorang untuk masuk ke dalam tahap berikutnya sampai dengan tahap pembelian.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor-faktor, Online Shop, Proses Pengambilan |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 09:45 |
Last Modified: | 01 Jun 2016 09:45 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9569 |
Actions (login required)
View Item |