KOMUNIKASI CITRA XT SQUARE MELALUI RUANG TERBUKA (Studi Kasus Zona Kuliner dan Zona Taman Bermain di Kawasan XT Square)

Pangaraga, Teodorus Tangkas (2015) KOMUNIKASI CITRA XT SQUARE MELALUI RUANG TERBUKA (Studi Kasus Zona Kuliner dan Zona Taman Bermain di Kawasan XT Square). .. pp. 1-15.

[img] Text (Jurnal Komunikasi)
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi citra XT Square melalui ruang terbuka yang mereka miliki, sehingga dapat meningkatkan kesan mengenai apa sebenarnya citra yang ingin dibentuk oleh XT Square. XT Square merupakan sebuah destinasi wisata baru di Yogyakarta yang mengusung konsep citra “One Stop Night Shopping”, yang dimana menyajikan berbagai wisata khas Yogyakarta dari sisi kesenian, kuliner, kerajinan, dan hiburan yang dapat dinikmati dari pagi hingga tengah malam. Dalam proses komunikasi citra tersebut, XT Square menggunakan beberapa strategi, salah satunya dengan menggunakan ruang terbuka yang mereka miliki yang diimplementasi dalam zona kuliner semi indoor, zona kuliner outdoor, dan zona taman bermain. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan desain studi deskriptif kualitatif sehingga penulis dapat menangkap berbagai fakta di lapangan kemudian menganalisisnya dengan teorisasi berdasarkan dengan apa yang telah diamati di lapangan. Penulis mengunakan metode studi kasus dengan menangkap fenomena penggunaan ruang terbuka XT Square secara rinci dalam komunikasi citra “One Stop Night Shopping” ke pengunjung. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode pencarian data dengan wawancara, dan analisis dokumen. Data yang sudah didapat dari hasil wawancara akan dianalisis dan ditarik kesimpulannya. Dalam menguji keabsahan data, akan dilakukan proses triangulasi sumber, dengan mencocokkan hasil wawancara antara narasumber. Penggunaan ruang terbuka XT Square dalam komunikasi citra “One Stop Night Shopping” dilakukan dengan mengunakan penyelenggaraan event. Informasi yang disampaikan dengan cara tersebut terdapat dalam konten dari pesan yang disampaikan, atmosfer yang diciptakan, pendekatan yang dilakukan dengan memperhatikan jarak dan ruang, serta penyajian acara yang sesuai dengan konsep yang ingin ditunjukkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ruang terbuka XT Square, komunikasi citra, one stop night shopping
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Jun 2016 10:25
Last Modified: 01 Jun 2016 10:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9573

Actions (login required)

View Item View Item