Severino, Amadeus (2015) PENGARUH TINGKAT KREATIVITAS IKLAN DI MEDIA ONLINE TERHADAP TINGKAT KETERTARIKAN MENONTON IKLAN PADA PENGGUNA SITUS ONLINE (STUDI KUANTITATIF EKSPLANATIF MENGENAI PENGARUH TINGKAT KREATIVITAS IKLAN DI YOUTUBE TERHADAP TINGKAT KETERTARIKAN MENONTON IKLAN DI YOUTUBE PADA PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.
Full text not available from this repository.Abstract
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memperoleh analisis serta penjabaran tentang pengaruh tingkat kreativitas iklan di media online Youtube terhadap tingkat ketertarikan pengguna situs online Youtube khususnya pengunjung perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kreativitas iklan. Iklan yang kreatif memiliki kriteria ROI : Relevance, Originality, dan Impact (William, Burnett, Moriarty, 2011 : 454). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian eksplanatif, yaitu penelitian yang ditujukan untuk mengetahui pengaruh hubungan variabe1 satu dengan variabel lainnya. Uji validitas dan reliabilitas meuggunakan dua instrumen, yaitu uji validitas dan reliabilitas dengan skala Likert dan uji validitas dan reliabilitas dengan skala Guttman. Responden dalam penelitian ini pengunjung perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Teknik penentuan sampel yang dilakukan pada penelitian ini bersifat tidak acak (non-probability) di mana anggota populasi tidak diheri peluang yang sama un.tuk dipilih menjadi anggota sampel Jenis penentuan sampel tidak acak yang digunakan dalam penelitian ini adalah convinience sampling (Kuncoro, 2009). Teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederbana. Hasil uji regresi secara simuJtan (Uji f) yang telah dilakukan diperoleh nilai F hilling sebesar 3,801 dengan probabilitas (p) = 0,055. Bedasarkan ketentuan analisis regresi secara simultan yaitu nilai probabilitas (p) :S 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel tingkat kreativitas iklan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel tingkat ketertarikan menonton iklan. Besar pengaruh variabel tingkat kreativitas iklan yang dihmjukkan dengan nilai R Square variabel tingkat ketertarikan menonton iklan sebesar 3,9 %. Sisanya sebesar 96,1 % dijelaskan oleh variabel lainnya di luar model regresi bersangkutan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang sudah dilakukan, rnaka dapat ditarik kesimpulan dari hasil kuesioner dengan uji regresi linear sederhana. Variabel pengaruh tingkat kreativitas iklan di Youtube tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat ketertarikan menonton iklan di Youtube. Saran untuk penelitian ini agar dalam menciptakan. iklan yang laeatif harus lebih memperkuat unsur ROI {RelevarLce, Originality, dan Impact) sehingga khalayak benar-benar tertarik untuk menonton iklan tersebut dan tertarik dengan produk yang diiklankan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas lklan, ketertarikan menonton iklan, Youtube |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 02 Jun 2016 08:29 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 09:49 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9581 |
Actions (login required)
View Item |