PERSEPSI WISATAWAN MANCANEGARA TENTANG COMMERCIAL VIDEO WONDERFUL INDONESIA (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Peran Commercial Video Wonderful Indonesia Versi Tana Toraja, Makassar dalam Pembentukan Persepsi terhadap Objek Wisata Toraja oleh Wisatawan Mancanegara)

PONGSISONDA, LIMONITA RIZKY RARA (2016) PERSEPSI WISATAWAN MANCANEGARA TENTANG COMMERCIAL VIDEO WONDERFUL INDONESIA (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Peran Commercial Video Wonderful Indonesia Versi Tana Toraja, Makassar dalam Pembentukan Persepsi terhadap Objek Wisata Toraja oleh Wisatawan Mancanegara). .. pp. 1-16.

[img] Text (Jurnal Komunikasi)
JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)

Abstract

Wonderful Indonesia adalah Branding Nasional yang dipilih oleh Pemerintah Indonesia untuk mewakili Indonesia di mata dunia sekaligus merepresentasikan kebanggaan masyarakatnya. Kebudayaan Indonesia yang begitu kaya membuat pihak Kementrian Pariwisata membuat strategi komunikasi pemasaran yang mumpuni dengan berbagai macam strategi online maupun offline. Salah satunya yaitu strategi online dengan melibatkan videovideo promosi yang dibuat sesuai dengan keunikan masing-masing wilayah di Indonesia. Salah satunya video promosi Wonderful Indonesia Tana Toraja Makassar. Video promosi yang dibuat oleh Kementrian Pariwisata tentunya memiliki aspek audio dan visual yang baik karena melihat video-video ini adalah jalan untuk mengenalkan potensi kekayaan pariwisata Indonesia ke seluruh dunia. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk melihat peran iklan dalam membentuk persepsi. Dimana peran iklan yaitu sebagai pemberi informasi, sebagai pembawa pesan persuasi, sebagai pengingat, sebagai pendamping dan sebagai pemberi nilai mampu menuntun audiens untuk membentuk persepsi yang diharapkan positif. Pada akhirnya, peran iklan wonderful Indonesia dianggap berhasil membentuk persepsi yang positif tentang objek wisata oleh wisatawan mancanegara. Iklan yang telah mampu berperan sesuai fungsi-fungsinya secara bersama-sama membentuk persepsi positif para wisatawan mancanegara akan pariwisata di Toraja dan hal ini sesuai dengan harapan Pemeritah Indonesia yaitu Kementrrian Pariwisata dan ekonomi Kreatif

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Peran Iklan, Wisatawan Mancanegara, Commercial Video Wonderful Indonesia, Toraja
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Jun 2016 08:56
Last Modified: 03 Jun 2016 08:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9599

Actions (login required)

View Item View Item