EVALUASI PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA LALU LINTAS Studi Kasus Jalan Raya Tajem Utara KM. 05 Maguwoharjo Sleman Yogyakarta)

Benny , Daniel (2016) EVALUASI PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA LALU LINTAS Studi Kasus Jalan Raya Tajem Utara KM. 05 Maguwoharjo Sleman Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jalan Raya Tajem Utara KM. 05 Maguwohrujo merupakan salah satu ruas jalan dengan volume arus lalulintas yang padat ditambah lagi dengan pengaturan lampu lalulintas yang belum ada menyebabkan terjadinya kemacetan, sehingga mengakibatkan hambatan samping tinggi karena jalan ini berada pada daerah pasar, pertokoan, perkantoran, pemukiman, dan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi pengaruh hambatan samping terhadap kinerja lalu !iotas dan memberikan altematif terhadap yang dapat menjadi solusi terhadap permasalah yang ditimbulkan oleh hambatan samping. Survei pengambilan data dilaksanakan selama 3 hari pada jam sibuk, yaitu pada hari Sabtu 21 November 2015, Minggu 22 November 2015, dan Senin 23 November 2015 denganjam puncak yaitu pagi pukul 06.00- 08.00, siang pukul 11.00- 13.00, dan sore pada pukul 16.00 -18.00. Data yang diambil meliputi jumlah arus kendaraan dan Iebar jalan. Data yang dipero1eh kemudian dianalisis dengan menggunkan MKJ11997. Hasil analisis yang dipero1eh menunjukkan beberapa altematif pada Jalan Raya Tajem Utara KM. 05 pada saat parkir dikedua sisi ditiadakan memiliki arus lalu !iotas (Q) = 1083,285 smp/jam, kecepatan arus bebas (FV) = 40,8, kapasitas (C) = 3081,25 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) = 0,35, kecepatan (V) = 36 km/jam, kecepatan tempuh 10 detik. Parkir hanya disalah satu sisi saja memiliki arus 1alu 1intas (Q) = 1083,285 smp/jam, kecepatan arus bebas (FV) = 39,5, kapasitas (C) = 2955,39 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) = 0,37, kecepatan (V) = 35 km/jam, kecepatan tempuh 10,28 detik. Jalan dibuat satu arah memiliki arus lalu !iotas (Q) = 1083,285 smp/jam, kecepatan arus bebas (FV) = 43,8, kapasitas (C) = 1537,9056 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) = 0,39, kecepatan (V) = 34 km/jam, kecepatan tempuh 10,59. Dari basil analisis diatas dipero1eh altematif kedua yang menjadi so1usi terhadap permasalahan yang ditimbulkan dengan mengadakan parkir hanya di salah satu sisi saja

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Arus Lalu Lintas, Kecepatan Arus Bebas, Kapasitas, Derajat Kejenuhan, Kecepatan, Kecepatan Tempuh
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Jun 2016 11:29
Last Modified: 09 Jun 2016 13:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9654

Actions (login required)

View Item View Item