IDENTIFIKASI PELUANG BISNIS BERBASIS MODAL SOSIAL DAN KEARIFAN LOKAL : Studi Brand Awareness dan Perceived Value Anak Muda di Yogyakarta

Widiastuti, Th. Diah and Junaedi, MF. Shellyana IDENTIFIKASI PELUANG BISNIS BERBASIS MODAL SOSIAL DAN KEARIFAN LOKAL : Studi Brand Awareness dan Perceived Value Anak Muda di Yogyakarta. [Research]

[img] Text (Penelitian Ekonomi Manajemen)
EM55608.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pemanfaatan kearifan lokal dan modal sosial menjadi issue penting dan menarik untukdiperbincangkan dan dikaji sebagai alternatif solusi penyelesaian berbagai permasalahan ekonomi dan kemiskinan di Indonesia . Pengelolaan bisnis berbasis pemanfaatan kearifan lokal dan modal sosial diharapkan akan mampu mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya alam, sehingga potensi yang ada bisa terjaga kelestariannya. Pengelolaam usaha atau bisnis berbasis kearifan lokal dan modal sosial diharapkan akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam jangka panjang. Oleh karena itu pemanfaatan kearifan lokal dan modal sosial secara baik diharapkan akan meningkatkan daya saing bisnis , khususnya daya saing bisnis wirausahaIndonesia dalam menghadapi gempuran produk-produk impor maupun bisnis franchise asing yang berkembang subur di Indonesia khususnya di perkotaan bahkan merambah sampai ke tingkat pedesaan akhir-akhir ini . Penelitian ini mencoba untuk mengidentifikasikan lebih jauh mengenai bagaimana persepsi anak muda untuk terjun ke dalam dunia usaha dengan memanfaatkan kearifan lokal dan modal sosial untuk meningkatkan daya saing menghadapi kompetisi dengan produk-produk asing yang tumbuh subur di wilayah perkotaan di DIY. Kehadiran franchise asing dan ternama seperti Kentucky Fried Chiken , Piza Hut dan Starbuck juga produk permen Cokelat impor seperti Cokelat Delfis, Kit Kat, Twizzlers dan Snickers yang selama ini banyak di gemari oleh anak muda . Usaha Kecil Menengah seperti Cokelat Monggo dan Cokelat Cadbury. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan kajian empiris yang memberikan informasi tentang persepsi anak muda di wilayah DIY terhadap peluang bisnis berbasis kearifan lokal dan modal sosial melalui identifikasi persepsi anak muda yang didasarkan pada brand awareness dan perceived value anak muda terhadap produk lokal dibandingkan dengan produk impor yaitu Cokelat Monggo vs Cokelat Cadbury. Dan selanjutnya penelitian ini juga ingin mengetahui bagaimana persepsi anak muda terhadap peluang bisnis yang berbasis kearifan lokal dan modal sosial . Dalam rangka penguatan daya saing pelaku bisnis dalam perekonomian global saat ini diperlukan sejumlah dukungan dari pihak pemerintah, masyarakat, pelaku bisnis dan juga para akademisi . Salah satu salah satu dukungan dari sisi akademisi dilakukan dengan membuat penelitian empiris yang menghasilkan kajian tentang model kewirausahaan berbasis kearifan lokal sebagai modal sosial yang dimiliki masyarakat khususnya para pelaku bisnis di sektor industri kreatif di Yogyakarta agar memiliki daya saing di pasar ekonomi global. Kajian empiris yang dilakukan dalam penelitian ini mengacu pada Garis Besar Rencana Induk Pengembangan Penelitian (RIPP) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) yang terdapat dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP) UAJY 2012/2013 -2016/2017 yakni dengan melakukan studi ekonomi yang mengangkat isue strategis dibidang pengentasan kemiskinan dan kearifan lokal .

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: Entrepreneurship, Local Content, Socio Capital, Creative Industries, Globalization
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Jun 2016 07:40
Last Modified: 24 Jun 2016 07:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9780

Actions (login required)

View Item View Item