PENGEMBANGAN MOBILE AUGMENTED REALITY BERBASIS LOKASI UNTUK PENCARIAN TEMPAT WISATA DI PULAU AMBON

ONA OLA, YUSUF YACOB (2016) PENGEMBANGAN MOBILE AUGMENTED REALITY BERBASIS LOKASI UNTUK PENCARIAN TEMPAT WISATA DI PULAU AMBON. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTF02296.pdf

Download (982kB)
[img] Text (Bab I)
1MTF02296.pdf

Download (138kB)
[img] Text (Bab II)
2MTF02296.pdf

Download (264kB)
[img] Text (Bab III)
3MTF02296.pdf

Download (140kB)
[img] Text (Bab IV)
4MTF02296.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text (BaB V)
5MTF02296.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI)
6MTF02296.pdf

Download (374kB)

Abstract

Pulau Ambon adalah salah satu bagian dari wilayah kepulauan Maluku yang terletak di bagian timur Indonesia. Pulau Ambon memiliki wisata sejarah, budaya dan adat istiadat serta keindahan alam yang sangat terkenal di dunia. Hingga saat ini informasi wisata pulau Ambon hanya didapatkan dari website dan blog. Teknologi mobile yang berkembang di masyarakat saat ini dapat dimanfaatkan untuk promosi pariwisata yang ada di pulau Ambon. Teknologi Augmented Reality berbasis lokasi dapat digunakan untuk memberikan informasi lokasi dengan cara memproyeksikan objek dua dimensi pada perangkat mobile. Penelitian ini menggabungkan teknologi Augmented Reality berbasis lokasi dengan menggunakan Wikitude SDK dan layanan peta Google untuk menyajikan informasi lokasi wisata yang ada di pulau Ambon. Aplikasi yang dikembangkan berjalan pada perangkat mobile Android yang telah memiliki fitur GPS dan layanan internet. Aplikasi dapat membantu pengguna untuk menemukan lokasi wisata yang ada di pulau Ambon dengan mudah. Responden yang terlibat dalam penelitian sebanyak 30 orang. Pengujian blackbox dilakukan untuk menguji setiap fungsi utama yang ada pada aplikasi Mangente. Pengujian dengan metode kuesioner dilakukan untuk mengukur tingkat kegunaan aplikasi. Hasil pengujian usabilitymencakup aspeklearnability, flexibility, effectiveness dan attitude pada antarmuka aplikasi Mangente mencapai nilai yang baik. Hal ini menunjukan bahwa aplikasi Mangente bersifat usabledan siap di pasaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Ambon, Android, Augmented Reality, Usability
Subjects: Magister Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Jul 2016 11:55
Last Modified: 14 Jul 2016 11:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9863

Actions (login required)

View Item View Item