DIMENSI SOSIAL DALAM STRATEGI PEMASARAN (Studi Kasus Salesman di Yogyakarta)

Wulandaru, Astrid Gayatri (2005) DIMENSI SOSIAL DALAM STRATEGI PEMASARAN (Studi Kasus Salesman di Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
0SOS00993.pdf

Download (261kB)
[img] Text (BAB I)
1SOS00993.pdf

Download (363kB)
[img] Text (BAB II)
2SOS00993.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text (BAB III)
3SOS00993.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text (BAB IV)
4SOS00993.pdf

Download (235kB)

Abstract

Fenomena banyaknya salesman yang mempromosikan dan menjual barang dengan memanfaatkan pertemuan PKK di tingkat RT maupun RW menjadi salah satu gambaran pemasaran melalui penjualan secara langsung. Pada saat yang sama ibu-ibu PKK juga menerima kehadiran salesman untuk berpromosi sehingga terjalin hubungan sosial antara salesman dan konsumen. Permasalahan-permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini ada 4 yaitu 1) Bagaimana salesman membangun relasi sosialnya guna meningkatkan penjualan, 2) Bagaimana bentu relasi sosial yang dibangun antara salesman dan konsumen, 3) Bagaimana memanfaatkan hubungan sosial dalam menjalankan strategi pemasaran, 4) Bagaimana kaitan antara relasi sosial antara salesman dan konsumen dengan perilaku konsumen dalam membeli produk. Merode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di Kampung Dipowinatan Kelurahan Brontokusuman Kecamatan Mergangsan. Dipilihnya lokasi ini karena PKK di kampung ini sering dikunjungi salesman dalam rangka promosi maupun penjulanan. Informan penelitian terdiri dari salesman sebanyak 5 orang dan konsumen sebanyak 3 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Sedangkan analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Penelitian menemukan bahwa relasi sosial antara salesman dan konsumen dapat dikategorikan ke dalam dua bentuk relasi yaitu relasi simetris dan relasi asimetris. Relasi tersebut dibangun melalui proses pendekatan kepada pengurus atau ketua PKK stempat untuk meminta ijin promosi, melalui warga setempat yang bersedia menjadi mitra salesman, atau melalui pelanggan. Relasi sosial tersebut merupakan strategi yang dipilih salesman untuk melakukan penjualan. Salesman memanfaatkan PKK sebagai tempat berpromosi dan berjualan karena PKK merupakan tempat berkumpulnya ibu-ibu yang potensial sebagai konsumen. Keputusan ibu-ibu PKK/Konsumen dalam membeli barang kepada salesman dipengaruhi oleh pertimbangan untung rugi dan situasi sosial pada saat ada promosi. Dalam hal ini salesman mengambil peran sebagai pihak yang turut mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli. Pembahasan menyimpulkan bahwa:1) relasi sosial terbentuk antara salesman dan konsumen dalam dua tipe yaitu simetris dan asimetris, 2) salesman membangun relasi sosial dalam rangka meningkatkan penjualannya dengan cara memanfaatkanpertemuan PKK, 3) pemanfaatan relasi sosial antara salesman dan pengurus PKK, maupun dengan pelanggan merupakan salah satu bentuk strategi pemasaran, 4) relasi sosial berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam membeli produk.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jul 2016 08:31
Last Modified: 19 Jul 2016 08:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/9886

Actions (login required)

View Item View Item