PELUANG PENGEMBANGAN PEMBIAYAAN UMKM STUDI KASUS PADA SENTRA ANYAMAN TENUN DAN HANDYCRAFT GAMPLONG, SUMBER RAHAYU, MOYUDAN, SLEMAN, D.I. YOGYAKARTA TAHUN 2011

Arinda, Agustina Dhian (2012) PELUANG PENGEMBANGAN PEMBIAYAAN UMKM STUDI KASUS PADA SENTRA ANYAMAN TENUN DAN HANDYCRAFT GAMPLONG, SUMBER RAHAYU, MOYUDAN, SLEMAN, D.I. YOGYAKARTA TAHUN 2011. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EP16829.pdf

Download (1011Kb)
[img] Text (Bab I)
1EP16829.pdf

Download (398Kb)
[img] Text (Bab II)
2EP16829.pdf

Download (561Kb)
[img] Text (Bab III)
3EP16829.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200Kb)
[img] Text (Bab IV)
4EP16829.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1079Kb)
[img] Text (Bab V)
5EP16829.pdf

Download (837Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kendalakendala yang dihadapi oleh para pemilik UMKM Anyaman Tenun dan Handycraft di Padukuhan Gamplong dalam proses pembiayaan usahanya serta menemukan alternatif solusi yang bisa menjadi peluang untuk mengembangkan akses pembiayaan usaha mereka. Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang telah diisi oleh responden, sedangkan data sekunder diperoleh melalui buku, media cetak atau online, dan publikasi dari dinas terkait. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat beberapa kendala mengenai akses pembiayaan yang dialami oleh UMKM di Padukuhan Gamplong. Kendala-kendala yang dialami saat mengakses pinjaman ke bank adalah tingkat suku bunga kredit yang tinggi, lamanya waktu proses pencairan pinjaman, serta persyaratan dan prosedur pengajuan kredit yang rumit. Kendala lain yang dialami saat mengakses pinjaman ke lembaga non bank antara lain, terbatasnya jumlah pinjaman yang bisa didapat dan waktu pengembalian kredit yang cepat. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut antara lain sosialisasi dan pelayanan kredit yang lebih gencar hingga ke pedesaan baik dari pemerintah, dinas terkait atau lembaga keuangan bank dan non bank, adanya pendampingan pengelolaan usaha, terutama penyusunan laporan keuangan dari pihak lembaga penyedia kredit usaha, serta pengoptimalan fungsi paguyuban di Gamplong sebagai sumber pembiayaan terdekat bagi pemilik usaha.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: UMKM, pembiayaan, kredit
Subjects: Ilmu Ekonomi > UKM
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Apr 2013 09:59
Last Modified: 03 May 2013 12:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/990

Actions (login required)

View Item View Item